11 Granat dan 101 Amunisi Kembali Ditemukan di Hutan Lumbis Ulu

NUNUKAN – Setelah berhasil menemukan dan mengamankan 1.201 amunisi aktif yang tertanam di daratan tinggi hutan Lumbis Hulu, Satgas  Pamtas RI-Malaysia Yonarhanud 16/SBC kembali menemukan 11 granat tangan dan 101 amunisi kaliber 7,62 mm, Senin (15/2).

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yoarhanud 16/SBC/3 Kostrad Mayor Arh Drian Priyambodo menyampaikan bahwa granat tangan dan ratusan amunisi itu ditemukan di lokasi penemuan pertama. Sehingga, diduga penemuan ini merupakan sisa peninggalan tentara Gurkha jaman Konfrontasi Indonesia-Malaysia tahun 1965 di Hutan Lumbis, Kecamatan Lumbis Hulu, Kabupaten Nunukan.

“Ada kekhawatiran personel Satgas akan bahaya bagi masyarakat wilayah sekitar penemuan amunisi pertama. Sehingga, dilakukan penyisiran di lokasi tersebut,” kata Mayor Arh Drian Priyambodo, Senin (15/2/2021).

Dia menyampaikan  Danpos Lumbis Letda Arh Sutrisno Sitakar  beserta 5 orang anggota pos, melaksanakan penyisiran di tempat penemuan amunisi pertama. Mereka dibekali alat khusus metal detector.

“Saat itu, salah seorang prajurit menemukan lokasi dengan metal detector itu. Diduga ada benda logam di dalam tanah itu. Dengan penuh kehati-hatian, anggota langsung mencoba menggali dengan tangan kosong,” ucap dia.

Dia menjelaskan, saat mencapai kedalaman kurang lebih 5 cm hingga 10 cm dari permukaan tanah, ditemukan satu granat tangan aktif lengkap pin penariknya. Setelah, dilakukan penyisiran lagi, akhirnya ditemukan lagi 10 granat tangan dan 101 amunisi aktif.

“Amunisi ditemukan sama dengan amunisi pertama kita temukan. Amunisinya berkaliber 7.62 dengan kode ‘IK’ di bagian bawah selongsongan amunisi,” bebernya.

Dia menyampaikan, untuk menghindari hal-hal tak diingin, maka amunisi dan granat itu langsung diamankan ke Pos Lumbis. “Ini diamankan dan dijauhkan dari pemukiman warga, serta dilaporkan ke komando atas.  Jumlah terakhir seluruh temuan yang berhasil diamankan berjumlah 11 buah Granat tangan dan 101 butir amunisi caliber 7,62 mm,” bebernya. (korankaltara)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker