Update 9 Mei 2020, Positif Covid-19 di Kukar Tambah 2 Kasus

Bupati Kukar Koreksi Data Kasus KK-16

TENGGARONG – Kasus positif Covid-19 di Kutai Kartanegara kembali bertambah. Kali ini, pada 9 Mei 2020,  jumlah positif Covid-19 di Kukar bertambah 2 kasus. Penambahan tersebut membuat kasus pasien positif Covid-19 di Kukar menjadi 24 kasus.

“Pada hari ini, Sabtu, 9 Mei 2020, kembali saya mengumumkan adanya kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kabupaten Kutai Kartanegara sebanyak 2 orang, yang sebelumnya telah dilakukan rapid test, dengan hasil IgM dan IgG reaktif,” ungkap Bupati Kutai Kartenagara Edi Damansyah saat menyampaikan press release kasus Covid-19 di Kabupaten Kutai Kartanegara, Sabtu (9/5).

Edi Damansyah menyebutkan kedua kasus tambahan positif Covid-19 itu, yakni KK-23 perempuan 32 tahun dari Kecamatan Kenohan.  Tanpa keluhan, riwayat kontak dengan suami, yang merupakan kluster Gowa. Melakukan rapid test pertama tanggal 29 April, dengan hasil reaktif. Dan pemeriksaan PCR dari swab tenggorok  tanggal 1 Mei, dengan hasil terkonfirmasi positif.

Lalu, lanjut Edi,  KK-24 laki-laki 29 tahun dari Kecamatan Muara Badak. Tidak ada keluhan, dengan riwayat perjalanan dari Magetan. Dilakukan rapid test tanggal 28 April 2020, dengan hasil reaktif. Pemeriksaan PCR dari swab tenggorok tanggal 1 Mei 2020. Hasilnya terkonfirmasi positif.

“Seluruh pasien saat ini sedang menjalani karantina dan perawatan di Wisma Atlet Tenggarong Seberang, dengan kondisi stabil,” kata dia.

Selain itu menyampaikan kasus tambahan positif Covid-19 di Kukar, Edi Damansyah menyampaikan sedikit koreksi data identitas kasus positif Covid-19 saat press release 8 Mei 2020.

“Pada kesempatan ini, saya juga menyampaikan koreksi data yang saya sampaikan pada press release tanggal 8 Mei 2020, untuk kasus KK-16, yang saya umumkan berasal dari Kecamatan Muara Badak. Saya koreksi data tersebut, bahwa kasus KK-16 memiliki KTP Muara Badak, namun berdomisili di Kecamatan Loa Janan,” ungkap dia.

Hingga 9 Mei 2020, kata dia, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kutai Kartenagara sebanyak 24 kasus. Terdiri dari  22 orang sedang menjalani perawatan da 2 orang sembuh.

“Kasus di Kutai Kartanegara didominasi oleh kasus impor dari pelaku perjalanan,” kata dia.

Edi Damansyah juga meminta setiap Kecamatan/Desa dan Kelurahan agar bahu membahu melakukan pengendalian mobilisasi penduduk, yang merupakan pelaku perjalanan di pintu-pintu masuk wilayah masing-masing.

“Ingat, untuk selalu jujur dengan riwayat perjalanan yang dilakukan. Sehingga dapat diantisipasi kemungkinan terpapar Covid-19. Baik bagi petugas kesehatan, keluarga maupun masyarakat,” tandas dia.  (sobirin)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker