Wali Kota Samarinda Buka Pembekalan TPP 2023

Berharap Kehadiran TPP Bisa Berikan Manfaat

SAMARINDA – Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun membuka secara resmi Pembekalan dan Penandatanganan Pakta Integritas sekaligus mengukuhkan Tenaga Pendamping Probebaya (TPP) Tahun 2023 di Hotel Puri Senyiur Jalan Ruhui Rahayu, Selasa (7/3/2023). Sebanyak 85 orang TPP terpilih mengikuti pembekalan tersebut.

Andi Harun mengingatkan sejarah kerajaan di Indonesia hingga sejarah menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Dia menyampaikan pesan dari sejarah tersebut bahwa begitu hebatnya para pejuang di masa itu. Dan hal itu harus diwarisi para pemuda di zaman ini. Apabila bangsa ini ingin maju, maka harus memiliki nyali dan bekerja keras.

No Guts No Glory, tidak ada nyali tidak ada kebahagiaan dan tidak ada kesuksesan. Saya mengapresiasi kalian memiliki nyali untuk menjadi tim pendamping probebaya,” kata Andi Harun.

Menurut dia, walaupun perbedaan jabatan antara Wali Kota, pejabat Pemkot dan para TPP, tetapi keseluruhan memliki satu tujuan, yakni untuk memberikan kemanfaatan kepada rakyat.

Dia berharap kehadiran para pendamping dapat membantu memberikan kemanfaatan dari program Probebaya. Sehingga lingkungan akan semakin berkualitas.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM), Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Kota Samarinda (Bappedalitbang), Imam Gunadi mengatakan secara teknis tugas pendamping adalah membantu mengidentifikasi kegiatan, perancangan, hingga pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan yang dihasilkan dari probebaya. “Bahkan sampai membantu dalam pelaporan dana yang dipakai dari probebaya,” ungkapnya.

Imam mengatakan pendamping Probebaya dibagi menjadi 2 klasifikasi. Yaitu, infrastruktur dan non infrastruktur. Nanti tenaga infrastruktur membantu perancanganan bangunan di Probebaya. Dan non infrastruktur akan membantu program pemberdayaan masyarakat dan lainnya.

“Tapi secara umum mereka nanti dibekali pelatihan yang berkaitan dan sesuai perwali,” pungkasnya.

Usai dibuka oleh Wali Kota Samarinda, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan pembekalan public speaking dengan tema Membangun Komunikasi Efektif oleh Praktisi Public Speaking dan Pemberdayaan Diri, Ryan Widiyanto.

Diketahui, tanggal 8 Maret 2023, kegiatan kembali dilanjutkan dengan pembekalan teknis di Ruang Inspektorat Kota Samarinda. Kemudian tanggal 9 – 10 Maret 2023 akan dilakukan pembekalan teknis kepada Tenaga Pendamping Probebaya bidang Infrastruktur di Ruang Pertemuan Dinas PUPR Kota Samarinda dan untuk TPP bidang Non Infrastruktur akan dilakukan pembekalan di Ruang Rapat Sembuyutan, Gedung Balaikota Samarinda. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker