Waket Dewan Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila

SAMARINDA – Wakil Ketua DPRD Samarinda Subandi menghadiri upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Parkir Barat Balaikota Samarinda, Kamis (1/6/2023).

Subandi menyampaikan bahwa Pancasila merupakan dasar negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sudah seharusnya anak bangsa memiliki kewajiban mengamalkan isi dari Pancasila tersebut.

Ia menegaskan peringatan Hari Lahir Pancasila ini bukan hanya sekedar seremonial semata, melainkan suatu panggilan memahami nilai Pancasila.

“Hari ini momentum hari kelahiran Pancasila mengingatkan kepada kita bahwa Pancasila sudah sangat teruji sebagai asas ideologi kita yang harusnya kita wajib mengamalkannya,” ucapnya.

Dalam momentum itu, Subandi menegaskan agar seluruh isi serta nilai-nilai Pancasila harus terus dirawat dan dijamin keberlangsungannya. Sehingga nilai dan norma Pancasila dapat termanifestasikan di kehidupan setiap rakyat Indonesia, khususnya pada generasi muda.

Disinggung juga mengenai tahun politik mendatang, ia menegaskan pentingnya pemahaman dan penghayatan terhadap Pancasila supaya nanti tidak terjadi perpecahan.

“Jika berpegang teguh pada Pancasila maka kehidupan bermasyarakat menjadi aman. Karena semua nilai ada di dalamnya, baik nilai agama maupun sosial,” ungkapnya.

Ia berharap masyarakat mampu menjadi agen perubahan yang menjunjung tinggi Pancasila. Dan bisa menghargai setiap perbedaan. Agar Indonesia dapat maju sebagai bangsa berkeadilan dan berdaya saing.  Serta, Indonesia menjadi negara kuat, maju dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk terus membumikan Pancasila dalam keseharian, sehingga nilai luhur Pancasila menjadi pondasi yang kuat dalam mewujudkan tujuan bangsa kita,” tutupnya. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker