Tingkatkan Pemahaman, Sekretariat Dewan Ikut Bimtek Keprotokolan

SAMARINDA – Bagian Protokol, Komunikasi, dan Informasi (Prokompim) Pemerintah Kota Samarinda menggelar In House Training (Bimtek) keprotokolan di lantai 2 Senyiur Hotel, pukul 08.30 WITA, 25 Agustus 2023 lalu.

Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan bidang keprotokolan di kalangan para staf pelaksana pemerintah. Acara dibuka dengan sambutan Kasubag Protokol Setda Kota Samarinda, Dilan Wewengkang.

Dia menyampaikan pentingnya tata tertib, etika, dan ketentuan dalam hubungan resmi antar instansi serta hubungan diplomatik.  Dan, bagaimana keprotokolan yang baik mendukung citra dan hubungan yang baik bagi pemerintah kota.

Materi pertama yang disajikan adalah “Manajemen Keprotokolan”, yang disampaikan Kabag Prokompim Pemerintah Kota Samarinda Dinvi Kurniadi.

Peserta diajak memahami tugas-tugas keprotokolan, yang melibatkan hubungan resmi dengan berbagai pihak. Termasuk instansi pemerintah, masyarakat, dan tamu-tamu negara. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti.

Sesi kedua menghadirkan Ryan Widiyanto, seorang praktisi Public Speaking yang berpengalaman sebagai Master of Ceremony (MC).

Ryan memberikan wawasan tentang peran MC dalam menjalankan acara resmi pemerintah dengan tata tertib dan profesionalisme.

Acara ini dihadiri oleh seluruh Kasubag Umum dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kota Samarinda. Termasuk Sekretariat DPRD Kota Samarinda, beserta satu orang staf yang turut serta dalam meningkatkan kapabilitas dalam bidang keprotokolan.

“Bimtek ini sangat berguna sekali dan menambah wawasan. Bukan hanya untuk protokol, tetapi seluruh personil pemerintahan yang biasanya terlibat dalam setiap acara resmi di berbagai OPD di Pemkot Samarinda. Baik itu di dinas-dinas maupun kecamatan dan kelurahan. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan pemahaman tentang tata tempat, tata upacara, dan tata kehormatan,” pegawai Humas, Protokol, dan Publikasi DPRD Kota Samarinda Ferry Syahfiary.

Dia berharap, peningkatan kapabilitas ini akan membawa manfaat besar bagi Pemerintah Kota Samarinda dalam menjalin hubungan lebih baik dengan berbagai pihak. Serta memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker