Sugiyono: Masyarakat Perlu Diedukasi Soal E-Parking

8 / 100

SAMARINDA – Ketua DPRD Samarinda Sugiyono meminta Pemkot Samarinda melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terhadap pembayaran parkir non tunai menggunakan sistem e-parking.  Karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui pembayaran e-parking.

“Sosialisasi itu untuk membiasakan masyarakat membayar parkir dengan sistem digital. Karena itu, upaya edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat perlu dilakukan. Masyarakat harus diajari. Kalau lama-lama diajari pasti bisa. Semua orang pasti bisa melakukan transaksi digital,” ujar Sugiyono.

Dia berharap kebijakan Pemkot Samarinda menerapkan e-parking dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor perparkiran. “E-Parking ini juga bisa mengurangi kebocoran di lapangan,” kata dia.

Menurut dia, pembayaran parkir dengan pola manual lebih mudah mengalami kebocoran.

“Kalau menggunakan pola manual biasanya mudah bocor. Selain itu, kebijakan ini kan supaya tidak ada petugas menarik kontribusi atau pajak di lapangan,” ujar Sugiyono.

Dia mengatakan bahwa pembayaran parkir dengan sistem e-parking itu langsung masuk ke kas daerah. Jadi tidak perlu lagi menunggu petugas melakukan pemungutan di lapangan. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker