Polsek Teluk Dalam Ringkus Pemburu Hewan

SAMARINDA – Polsek Teluk Dalam, Kabupaten Kutai Kartanegara meringkus dua pemburu hewan dari Samarinda, Kamis (9/1) lalu. Yakni, JH (51) dan RD (46). Mereka ditangkap karena membawa senjata rakitan berpeluru senjata organik. Sebelumnya, Polsek Teluk Dalam melakukan pengejaran selama 4 hari di dalam hutan.

Dua warga Kota Samarinda itu hanya bisa pasrah. Keduanya menyerahkan diri setelah petugas kepolisian mengepungnya di hutan km 31 Bukit Pariaman Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dari tangan pelaku,  polisi mengamankan senjata api  laras panjang rakitan. Bahkan polisi mengamankan 26 butir peluru tajam buatan pabrik. Pelaku membeli peluru itu dari orang tidak dikenal, dengan harga Rp10.000 per butir.

Kapolsek Teluk Dalam, Tenggarong Seberang AKP Rido Doly Kristian menyampaikan jajarannya menangkap kedua pemburu ini karena warga melaporkan kalau hewan ternak mereka, yakni kerbau terluka akibat ulah para pemburu itu. Namun pelaku membantahnya.  Sebab, mereka mengaku hanya memburu kijang di dalam hutan.  Tetapi, kedua pemburu itu tidak bisa menunjukan surat kepemilikan senjata api. Maka, mereka harus diproses.

Dia menambahkan, bahwa  para pelaku telah memodifikasi senjata api miliknya dengan merubah laras senjata api dari peluru biasa menjadi peluru organic.  Karena itu, keduanya akan dijerat UU Darurat,  karena memiliki senjata api tanpa ijin.

“Untuk kegiatan berburu di KM 31 Desa Bukit Pariaman. Pelaku dengan inisial JH dan RD. Kalau kita lihat, pelurunya ini buaan pabrik. Namun untuk memastikan dibuat dimana, kita harus uji di labfor. Dari pengakuan pelaku, mereka membeli dari teman. Setelah dibeli, peluru itu dikuasai pemiliknya. Namun sampai sekarang orangnya dalam proses pencarian,” ungkap dia.

Menurut dia, tembakan senpi ini sangat berbahaya dan mematikan.  Apalagi  pelaku tidak memiliki surat ijin kepemilikan senpi. Akibatnya pelaku harus mendekam dalam penjara. Karena mereka melanggar pasal 1 ayat 1 UU Darurat nomor 12 tahun 1951,  dengan ancaman maksimal 12 tahun pidana kurungan. (maman)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker