DPRD Samarinda Resmi Bentuk 8 Fraksi

SAMARINDA – Fraksi-fraksi di DPRD Samainda telah resmi dibentuk melalui Rapat Paripurna yang digelar di Ruang Utama Gedung DPRD Samarinda Jl Basuki Rahmat, Rabu (18/9).

Rapat Paripurna DPRD Samarinda dipimpin langsung Ketua Sementara DPRD Samarinda H Siswadi SH dan dihadiri seluruh anggota DPRD Samarinda.

Dalam Rapat Paripurna tersebut, Sekretaris DPRD Samarinda H Agus Tri Susanto membacakan susunan fraksi-fraksi di DPRD Samarinda.

Dimana, PDI Perjuangan sebagai partai politik pemenang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 meraih 8 kursi dan merangkul Partai Hanura yang memperoleh 1 kursi. Sehingga Fraksi PDI Perjuangan berjumlah 9 anggota, dengan ketua fraksinya Sugiono.

Selanjutnya, Partai Gerindra yang memperoleh 8 kursi membentuk fraksi sendiri dan diketuai Helmi Abdullah. Dan, Partai Golkar juga bisa membentuk fraksi sendiri dengan perolehan 5 kursi dan diketuai Fachruddin.

Kemudian, PKS yang memperoleh 5 kursi membentuk fraksi sendiri dengan ketuanya Tsani Bin Husein. Lalu, Partai Demokrat, PAN dan Nasdem yang memperoleh 4 kursi juga bisa membentuk fraksi sendiri. Fraksi Demokrat diketuai Eko Elias Moko, Fraksi PAN dengan ketuanya Jasno dan Fraksi Nasdem diketuai Kamaruddin.

Sedangkan PPP dan PKB mesti bergabung untuk membentuk satu fraksi, karena sama-sama tidak bisa membentuk fraksi sendiri. PPP hanya memperoleh 2 kursi dan PKB meraih 3 kursi. Mereka membentuk Fraksi Kebangkitan Pembangunan, dengan ketuannya Damayanti.

“Agenda pengumuman pimpinan fraksi-fraksi sudah sah. Selanjutnya akan membahas agenda Rapat Paripurna AKD,” ungkap Siswadi usai Sidang Paripurna di Ruang Utama Gedung DPRD Samarinda.  (advetorial)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker