Bakal Masuk Propemperda, Raperda Inisiasi Dewan Dibahas Bapemperda

SAMARINDA – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Samarinda telah menggelar rapat di Ruang Rapat Bapemperda DPRD Kota Samarinda, Senin (7/8/2023) pukul 13.00 WITA lalu. Saat itu, rapat dipimpin Ketua Bapemperda,  Samri Shaputra..

Salah satu poin utama yang dibahas saat rapat tersebut adalah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiasi DPRD Kota Samarinda yang akan dimasukkan ke dalam Proses Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda).

Ketua Bapemperda,  Samri Shaputra, menyampaikan bahwa rapat ini merupakan langkah awal memastikan keberlanjutan pembangunan dan kemajuan kota.

“Raperda inisiasi yang kami bahas dalam rapat ini memiliki peranan yang sangat penting untuk memastikan terciptanya peraturan daerah yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat Kota Samarinda,” ujarnya.

Menurut dia, Raperda inisiasi yang diusulkan untuk dimasukkan ke dalam Propemperda ini dianggap memiliki urgensi dan relevansi tinggi untuk menghadapi tantangan-tantangan perkembangan zaman.

“Berbagai aspek yang mencakup isu-isu kesejahteraan masyarakat, lingkungan, dan peningkatan kualitas hidup akan menjadi fokus utama dalam perumusan Raperda tersebut,” kata dia.

Selain membahas Raperda inisiasi, kata dia, rapat Bapemperda juga bertujuan meningkatkan koordinasi antara DPRD Kota Samarinda dan Pemerintah Kota terkait proses Propemperda.

“Ini untuk memastikan Raperda yang diajukan oleh Pemerintah Kota juga mendapatkan perhatian serius dan pengawasan yang memadai,” ujar dia.

Di sisi lain, lanjut dia, Pemerintah Kota Samarinda belum memiliki rencana untuk mengajukan Raperda baru yang akan dimasukkan ke dalam Propemperda.

Namun, koordinasi antara DPRD dan pemerintah kota tetap akan dijaga untuk memastikan adanya keterbukaan dan komunikasi yang efektif dalam menghadapi perubahan-perubahan yang dapat memengaruhi masyarakat dan wilayah kota.

“Rapat Bapemperda DPRD Kota Samarinda ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menghasilkan peraturan daerah yang berkualitas dan mampu memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Kota Samarinda. Dengan semangat kerjasama yang tinggi, diharapkan kota ini dapat terus berkembang dan bertransformasi sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan,” ucap dia. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker