Wawali Samarinda Buka Sosialisasi Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah

SAMARINDA – Wakil Wali Kota Samarinda Dr. H. Rusmadi membuka Sosialisasi Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah bagi sekolah Adiwiyata Kota Samarinda di Aula Madrasyah Aliyah Negeri 1 Samarinda Jalan  P  Suryanata, Kamis (2/3/2023) pagi.

Dinas Lingkungan Hidup Samarinda Nurrahmani menyampaikan kegiatan sosialisasi peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah merupakan suatu gerakan yang dicanangkan Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama.

“Gerakan ini dilakukan secara kolektif, sukarela, berencana dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah. “ujar Nurrahmani.

“Kita berharap anak-anak mempunyai mindset sama dan searah dengan unsur sekolah, termasuk orang tua hingga tanpa paksaan mereka sudah melakukan kegiatan yang membuat lingkungan nyaman.”tambahannya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Samarinda Dr. H. Rusmadi menyampaikan semua pihak pasti ingin mempunyai sekolah bersih, sehat dan dihiasi dengan taman dan pohon pohon rindang. Sehingga akan menjadi betah.

“Hal tersebut hanya bisa dicapai dengan dukungan, komitmen, dan sinergi dari seluruh elemen baik pemerintahan, swasta, maupun masyarakat. “ucap Rusmadi.

Menurut dia, pendidikan lingkungan hidup sangat penting. Ini mesti menjadi perhatian bersama. Karena pelaksanaannya mengedepankan upaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan aksi kepedulian individu, komunitas, organisasi dan berbagai pihak terhadap permasalahan lingkungan untuk keberlanjutan pembangunan bagi generasi sekarang dan yang akan datang.

“Sekolah merupakan salah satu kawasan yang menjadi salah satu titik penting dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam rangka mendukung program kota bersih, salah satu indikator penilaian dari Program Adipura adalah presentase pengurangan sampah di masyarakat.”terangnya

“Atas nama Pemerintah Kota Samarinda, saya memberikan apresiasi kepada semua pihak yang menginisiasi implementasi Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah, yang merupakan program kerja sama tiga Kementerian yaitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama. Mari kita sama-sama meningkatkan kebersihan lingkungan dan berbarengan menjaga Samarinda bebas dari sampah, bahwa permasalahan sampah ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja namun tanggung jawab kita bersama, Karena warisan paling berharga untuk generasi selanjutnya adalah lingkungan yang lestari dan terjaga,”ucap Rusmadi.

Usai membuka Sosialisasi wawali Samarinda Rusmadi meninjau ruang UKS dan beberapa ruangan Praktek Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Samarinda. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker