Update 2 Juni 2020, Kasus Sembuh Baru Nihil, Positif Tambah 1 Kasus

SAMARINDA – Kasus sembuh baru di Kaltim per 2 Juni 2020 nihil, tidak ada penambahan. Namun, untuk kasus positif di Kaltim terjadi penambahan 1 kasus dari Kota Balikpapan.

Dengan adanya penambahan 1 kasus positif Covid-19 tersebut, maka total kasus positif di Kaltim menjadi 297 kasus. Sedangkan pasien sembuh tidak ada penambahan, masih tetap 175 orang. Sedangkan pasien yang dirawat bertambah 1 orang, sehingga menjadi 118 orang. Lalu, kasus meninggal dunia masih tetap 3 kasus.

“Ada penambahan kasus yang dilakukan pemeriksaan laboratorium Covid-19 dengan hasil positif konfirmasi Covid-19 per 2 Juni 2020 sebanyak 1 kasus dari Balikpapan. Yakni, BPN 63 laki-laki 49 tahun, merupakan kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) pelaku perjalanan dari Tanjung, Kalimantan Selatan, yang ditetapkan DPJP dan Dinkes Kota Balikpapan. Kasus dirawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan sejak terkonfirmasi hari ini,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Kaltim Andi M Ishak dalam konferensi persnya secara virtual, Selasa (2/6/2020).

Selain itu, dia juga menyampaikan penambahan 5 kasus ODP di Kaltim. Sehingga total ODP per 2 Juni 2020 berjumlah 10.154 kasus. Yang selesai pemantauan ada penambahan 50 kasus. Jadi total yang selesai pemantauan 9.616 kasus. Dan yang masih proses pemantauan berjumlah 538 kasus.

“Kalau kita lihat perkembangan hingga saat ini, memang ada kecenderungan penurunan kasus-kasus ODP. Mudah-mudahan, ini menunjukkan tanda-tanda perbaikan, bahwa semakin berkurang ODP, maka semakin kecil potensi terjadinya penularan yang baru,” jelas dia.

Sementara itu, distribusi kasus yang dilakukan pemeriksaan laboratorium, dia menjelaskan bahwa berdasarkan kriteria ODP, Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Pasien Dengan Pengawasan (PDP) ada penambahan 1 kasus PDP. Sehingga total PDP berjumlah 794 kasus.

“Ada penambahan 1 ODP. Sehingga total ODP yang diperiksa laboratorium berjumlah 118 kasus. Dan, untuk OTG, tidak ada penambahan OTG yang diperiksa laboratorium, jadi totalnya tetap sebanyak 284 kasus,” kata dia.

Sehingga, kata dia, total kasus yang diperiksa laboratorium berjumlah 1.196 kasus. “Kemudian, dari 1.196 kasus, hari ini ada terkonfirmasi 1 kasus positif. Sehingga total terkonfirmasi positif hingga hari ini berjumlah 297 kasus. Ada 15 kasus hasil negatif, jadi total kasus negatif berjumlah 623 kasus. Probable tetap 1 kasus. Dan, yang masih menunggu proses hasil pemeriksaan laboratorium berjumlah 275 kasus,” ungkap dia. (sobirin)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker