21 Orang Kluster Gowa di Kukar Reaktif Rapid Test

TENGGARONG – Tim Gugus Tugas Covid-19 Kutai Kartanegara telah melakukan pendataan kelompok berisiko tinggi menularkan serta kontak erat berdasarkan hasil pemetaan yang telah dibuat Tim Surveilans Dinkes. Salah satu kelompok berisiko tinggi ini adalah pelaku perjalanan dari acara ijtima Gowa.

“Dari hasil tracing,  Dinas Kesehatan menemukan sebanyak 263 orang dari pasien yang pernah pergi ke daerah terjangkit, sesuai kluster yang ditentukan,” kata Martina.

Dia mengatakan, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kukar juga sudah melakukan pemerikaan terhadap 263 orang dari kluster ijtima Gowa. Hasilnya,  21 orang reaktif rapid test. Dimana,  19 orang merupakan pelaku perjalanan ijtima Gowa dan 2 orang anggota keluarga dari 2 orang pelaku perjalanan ijtima Gowa.

“Artinya, sudah terjadi transmisi lokal di Kabupaten Kutai Kartanegara. Mereka tidak menunjukan gejala mengarah kepada Covid-19. Jika nanti hasil swab nya positif, maka statusnya akan berubah menjadi terkonfirmasi positif,” kata Martina.

Menurut dia, data masih terus berkembang. Karena kegiatan pendataan masih terus dilaksanakan di Kecamatan-Kecamatan di Kutai Kartanegara.

“Data memang berkembang dinamis di lapangan. Karena pelaku perjalanan baru sekarang melaporkan dirinya. Bahkan saat ini berdasarkan rapid test sudah ada 5 kecamatan yang ditemukan kasus Covid-19,” kata Martina.

Menurut dia,  tim masih akan berkerja hingga Senin (27/4) mendatang. Ini bagian dari penyadaran kepada masyarakat bahwa penyebaran virus corona sudah sangat membahayakan. (maman)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker