Pemkot Samarinda Fasilitasi Industri Kecil

Bakal Gelar Sosialisasi Sertifikasi TKDN

SAMARINDA – Pemkot Samarinda bakal menggelar sosialisasi sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) bagi industri dalam negeri. Sosialisasi ini diperuntukkan bagi Industri Kecil Menengah (IKM) di Samarinda, agar dapat bersaing dan memperoleh prioritas belanja barang dan jasa.

Plt Asisten II Sekretariat Kota Samarinda, Abdullah mengatakan jika sosialisasi yang digelar nanti untuk memberi jaminan bagi produk yang dibuat oleh industri dalam negeri, agar dapat dibeli pemerintah melalui pengadaan barang dan jasa.

“Jadi di tahun 2023 ini ada syarat baru dalam program P3DN untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas industri nasional. Dimana nilai TKDN rata-rata yang ditargetkan mencapai sebesar 43,3% pada tahun 2020 maka tahun ini naik menjadi 50% pada tahun 2024,” kata Abdullah disela memimpin rapat koordinasi Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) soal rencana sosialisasi sertifikasi TKDN di Gedung Balai Kota, Selasa (28/2/2023) sore.

Ia menjelaskan sosialisasi nanti juga akan menjelaskan aturan TKDN, yang bertujuan agar industri kecil dapat menjadi sasaran belanja pemerintah.

Karena, kata dia, Pemkot dalam satu tahun belakangan ini sedang gencar mensosialisasi melalui masing-masing OPD agar bisa belanja produk dalam negeri, melalui produk IKM yang masuk ke dalam e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

“Sosialisasi sertifikasi ini pastinya akan gratis kita gelar bagi pelaku IKM, sekarang tinggal menyesuaikan dengan jadwal Kementerian Perindustrian yang hadir sebagai narasumber untuk menyampaikan materi terkait TKDN nanti. Harapannya semoga sebelum bulan Ramadhan sosialisasi sudah bisa kita gelar,”ungkapnya menutup. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker