PDIP Minta Anggaran Pemilu 2024 Rp110,4 Triliun Dihitung Ulang

5 / 100

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perkiraan anggaran Pemilu 2024 sebesar Rp 110,4 triliun dihitung lagi dan dicermati. Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat sependapat dengan Jokowi.

“Tentunya akan perlu dihitung ulang karena Pemilu 2024 itu kan dua kali pemilu, satu pemilu legislatif dan presiden, kemudian November pemilu kepala daerah seluruh Indonesia, makanya harus dihitung dengan cermat,” kata Djarot kepada wartawan di Gedung Dewas KPK, Jakarta Selatan, Selasa (12/4/2022).

Dia mengatakan hal yang dipersiapkan terkait Pemilu 2024 tak hanya soal anggaran. Djarot juga menyoroti jarak antara pemilu dan pilkada yang berdekatan.

“Bukan masalah anggarannya saja, tapi kesiapan penyelenggaranya dan sistemnya itu harus betul-betul lebih mantap, kenapa? Karena jarak antara pemilu dan pilkada itu tidak jauh. Ini betul-betul harus waspada harus cermat, harus dihitung cermat, bukan hanya pendanaan nya tapi juga tahapan-tahapannya. Ini harus cermat,” katanya.

“Ini harus cermat, saya pikir itu dan saya sampaikan selama bekerja kepada Komisioner KPU dan Bawaslu ya, yang sudah dilantik pada hari ini dan langsung saja tancap gas ya, gaspol, kerja keras untuk menyiapkan berbagai macam perangkatnya dan saya yakin teman-teman di KPU dan Bawaslu akan mampu,” imbuhnya.

“Apalagi sistem kependudukan kita sudah sangat baik ya, e-KTP sudah hampir 100 persen sudah 99,99 persen ya, jadi sudah sangat baik, dan itulah dasar utama untuk dasar pemilik sementara dasar pemilik,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara terkait anggaran Pemilu 2024. Ia memperkirakan anggaran yang diperlukan sebesar Rp110,4 triliun.

“Kemarin sudah disampaikan ke saya bahwa diperkirakan anggarannya sebesar Rp 110, 4 triliun, KPU dan Bawaslu. KPU-nya Rp 76,6 triliun dan Bawaslu-nya Rp 33,8 triliun,” ujar Jokowi.

Untuk itu, Jokowi meminta agar alokasi dana baik dari APBN dan APBD segera diputuskan.

“Ini saya minta didetailkan lagi, dihitung lagi, dikalkulasi lagi dengan baik dalam APBN maupun dalam APBD, dan dipersiapkan secara bertahap,” kata Jokowi. (TIM)

 

Sumber : detik

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker