Mahasiswa Malang Asal Kukar Positif Covid-19

TENGGARONG – Satu pasien positif Covid-19 di Kukar, seorang laki-laki 22 tahun merupakan warga Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara. Pasien adalah mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi (PT) di Kota Malang, Jawa Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara dr Martina Yulianti menyampaikan bahwa pasien positif Covid-19 tiba di Kukar tanggal 4 April 2020. Pasien sudah dipantau Tim Gugus Tugas Covid-19 Kukar. Saat itu, pasien masih berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan memilih melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Pemerintah telah menyiapkan hotel untuk isolasi,  namun bersangkutan memilih melakukan isolasi di rumah, dengan pengawasan petugas medis di wilayah Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara,” kata dia melalui aplikasi zoom, Sabtu (25/4).

Pada 15 April 2020, pasien melaporkan keluhan demam dan suhu badan 40.1 derajat celcius.

“Saat itu diagnosis awal demam berdarah. Namun karena riwayat perjalanan dari luar daerah, maka dilakukan rapid test. Ternyata hasilnya reaktif. Sehingga langsung ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP)  dan langsung menjalani perawatan di RS AM Parikesit,” kata Martina.

Untuk memastikannya, kata dia, maka dilakukan pemeriksaan uji swab di laboratorium Surabaya. “Hari ini,  hasil tes laboratorium dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Saat ini pasien sudah menjalani perawatan selama 10 hari. Kondisi fisiknya baik,” kata Martina. (maman)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker