Update 25 April 2020 di Kukar, Satu Positif dan Satu PDP Meninggal

TENGGARONG – Berdasarkan update Covid-19 di Kutai Kartanegara (Kukar) per 25 April 2020, Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menyampaikan 1 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Penajam Paser Utara (PPU) yang dirawat di Rumah Sakit Umum Samboja (Kukar) meninggal dunia. Dan, sesuai pemeriksaan swab di laboratorium Surabaya, satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Perkembangan penanganan Covid-19 di Kukar itu disampaikan Bupati Kukar Edi Damansyah melalui aplikasi zoom, Sabtu (25/4).

“Satu PDP yang meninggal merupakan warga Semoi Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Bersangkutan pria 51 tahun merupakan pelaku perjalanan dari wilayah Ponorogo Jawa Timur. Pasien meninggal dunia karena penyakit bawaan yang serius, ” kata Edi Darmansyah.

Menurut dia, pasien sudah dimakamkan dengan SOP penanganan jenazah Covid-19 di Desa Semoi, Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU.

“Kita sudah koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten PPU, dan jenazah dimakamkan di Desa Semoi,” kata dia.

Edi mengatakan pasien dirawat di RS Samboja, karena posisi desanya lebih dekat dengan RS Samboja.

Sementara itu, dia menyampaikan satu kasus positif Covid-19 di Kutai Kartanegara. Pasien berjenis kelamin laki-laki (22),  dengan riwayat perjalanan dari Malang. Pasien tiba di Kukar tanggal 4 April 2020.  Pada 15 April 2020, pasien masuk RS AM Parikesit, dengan keluhan demam hari keempat, suhu 40.1 derajat celcius, dan di diagnosa demam berdarah.

“Karena memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah maka  dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif.  Untuk memastikan, dilakukan uji swab di laboratorium kesehatan Surabaya.
Hasilnya tes laboratorium dinyatakan positif terinfeksi Covid 19. Saat ini pasien sudah menjalani perawatan selama 10 hari, hingga hari ini,” kata Edi Darmansyah.

Berdasarkan data per 25 April 2020,  jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) di Kabupaten Kutai Kartanegara sebanyak 659 kasus. Dimana, 137 orang dalam proses isolasi, 522 orang telah menyelesaikan proses isolasi.

Sementara jumlah PDP ada 47 orang. Dimana,  22 orang proses isolasi, 25 orang selesai isolasi, 3 orang positif, 2 orang sembuh , dan 1 kasus probable. (maman)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker