Kampung Keluarga Berkualitas Bandara Berseri Tuai Pujian

SAMARINDA – Kekompakan dan keuletan warga Kelurahan Bandara Kecamatan Sungai Pinang menyulap wilayahnya menjadi Kampung Keluarga Berkualitas menuai pujian dari tim Verifikasi Lomba PKK Bangga Kencana Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur.

Pujian itu disampaikan Ketua Tim Verifikasi Aris Ananta saat melakukan kunjungan ke Sekretariat Kampung Keluarga Berkualitas Bandara Berseri Kelurahan Bandara Kecamatan Sungai Pinang Jalan Gatot Subroto, Kamis (16/11/2023).

Kampung Keluarga Berkualitas Bandara Berseri Kelurahan Bandara akan mewakili Kota Samarinda di lomba tingkat Provinsi Kaltim.

“Semasa kuliah, saya sering ke sini, ke rumah teman di depan masjid belakang ini. Kadang juga memperbaiki komputer di rumah teman.  Memang profil yang kita terima bagus. Tapi tetap kita akan melakukan kunjungan verifikasi ini, untuk melihat apa benar sesuai yang ditulis dengan yang di lapangan. Kalau memang sesuai nilainya tidak berubah,” ungkap Aris didampingi tim penilai dari BKKBN Provinsi Kaltim, Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim dan PKK Provinsi Kaltim.

Sebelumnya, Wali Kota Samarinda diwakili Staf Ahli Wali Kota Samarinda Herry Suryansyah memberikan apresiasi tinggi kepada Tim Verifikasi yang melaksanakan penilaian. Tim akan melakukan verifikasi data dan dokumen. Serta kunjungan lapangan di Kampung Keluarga Berkualitas Bandara Berseri.

“Kegiatan ini sangat baik bagi kita. Ini sebagai upaya memotivasi masyarakat menyatukan gerak dalam berpartisipasi membangun Kota Samarinda. Untuk itu, saya harapkan kepada lembaga yang terkait agar dapat berperan aktif mendukung pelaksanaan penilaian lomba PKK-Bangga Kencana-Kesehatan,” ucapnya.

Dia mengatakan Kampung Keluarga Berkualitas memiliki peran penting mengawal pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia berkualitas, melalui pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya.

“Kami percaya keluarga tentram, mandiri, dan bahagia dapat melahirkan generasi unggul, berkualitas, dan memiliki karakter. Pada akhirnya dapat berkontribusi terhadap pembangunan negara secara luas. Kami berharap skenario pembangunan Kampung Keluarga Berkualitas menjadi skenario percepatan penanganan persoalan yang harus segera diatasi, yakni terkait Stunting dan kemiskinan ekstrem,” harapnya.

Menurut dia, kebijakan optimalisasi penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas sejalan dengan Program Probebaya unggulan Walikota Samarinda.

Beberapa inovasi Kampung Keluarga Berkualitas Bandara Berseri, diantaranya Rumah Singgah Cegah Stunting (RANTING), Kebun Cegah Stuting (BUNTING), Remaja Peduli Stunting (Remaja Penting), Orang Tua Asuh Stunting, Kegiatan Berbagi Kampung KB Bandara Berseri, Jelantah Untuk Stunting (Jelanting) dan Sosialisasi Layanan “Keren Terpadu” (Keluarga Berencana Terintegrasi Kependudukan). (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker