Disiplinkan Diri Hindari Pungli

SAMARINDA – Sekretaris Komisi IV DPRD Samarinda Deni Hakim Anwar menanggapi maraknya pungutan liar (pungli) di Kota Samarinda. Mulai saat ini, masyarakatnya supaya tidak membiasakan atau membudayakan pungli.

“Karena bagaimanapun pungli ini terjadi ketika ada pembeli dan penerima. Ketika salah satunya tidak, maka ada otomatis kan tidak bisa terjadi nih,” ungkapnya.

Deni mengimbau masyarakat lebih sadar hukum. Harus lebih giat dan banyak membaca aturan-aturan hukum.  Mulai saat ini melatih diri disiplin menjalankan sesuai SOP. Menghindari jalur-jalur pungli itu. Kemudian OPD masing-masing lebih mengawasi aturan-aturan ataupun pungutan-pungutan yang tidak sesuai aturan hukumnya.

Deni berharap masyarakat mencari tahu dulu apa yang akan mereka lakukan. Setelah mereka mengetahui jalurnya, maka otomatis tidak akan mengambil jalur pungli.

“Kita mau bayar STNK atau pajak misalnya, kan sudah ada jalur resmi. Apalagi sekarang sudah online. Dan resmi pun ada jalur percepatannya. Nah kenapa kita harus memakaikan jasa pihak ketiga,” tuturnya.

Dia berharap mendispilinkan diri sendiri untuk tidak membiasakan memberikan pungli. “Kita biasakan ikut sesuai aturan mekanisme yang berlaku,“  ucap dia. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker