Wali Kota Samarinda Hadiri Pengukuhan Pengurus Pagari

SAMARINDA – Wali Kota Samarinda Andi Harun menghadiri pengukuhan dan pelantikan pengurus Paguyuban Keluarga Kediri (Pagari) di Gedung Pencak Silat Jalan AW Syahranie, Gang Respen Folder Air Hitam Samarinda. Minggu (3/3/2024).

Andi Harun menyampaikan bahwa setiap komunitas, apapun itu bentuknya, lahir untuk menjawab atau memfasilitasi kebutuhan sekelompok individu suatu masa. Mereka adalah orang-orang yang percaya, bahwa bersatu dan bergerak bersama, maka cita-cita atau tujuan besar yang ingin diraih memiliki potensi lebih besar dapat terwujud.

“Kunci langgengnya eksistensi sebuah komunitas, terletak pada bagaimana ia dapat tetap relevan dengan kebutuhan anggotanya (internal). Dan dengan kebutuhan lingkungan fisik dan sosialnya (eksternal). Mengapa relevansi eksternal juga penting ? Sebab perlu disadari, bahwa setiap komunitas sesungguhnya merupakan elemen bangsa. Dan sebagai elemen bangsa, komunitas pun memiliki kewajiban terlibat agar dapat membawa kemaslahatan bagi sebesar-besarnya kemakmuran, kesejahteraan, dan keselamatan bangsa,” jelas Andi Harun.

Dia mengungkapkan keberadaan paguyuban atau komunitas masyarakat bukan merupakan hambatan untuk tetap menjalin kebersamaan dengan masyarakat dari komunitas lain. Apalagi dalam upaya mewujudkan agenda pembangunan Pemerintah Kota Samarinda. Dalam prosesnya dibutuhkan dukungan dan komitmen kuat dari semua organisasi masyarakat di Kota Samarinda. Termasuk Paguyuban Keluarga Kediri di Samarinda.

“Melalui paguyuban, masyarakat dapat belajar menerima dan menghargai perbedaan-perbedaan di tengah-tengah masyarakat, agar tercipta harmonisasi yang merupakan modal utama melaksanakan setiap agenda pembangunan,” ujar dia.

Dia mengimbau kepada pengurus yang baru dilantik agar dapat menyusun program kerja yang inovatif dan kreatif. Serta selalu berkoordinasi dengan pemerintah. Agar apa yang akan dilaksanakan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat Kota Samarinda.

“Mudahan-mudahan kedepan paguyuban ini mempunyai program khusus agar derajat sosial dan ekonomi warga yang tergabung di dalamnya bisa terangkat. Dan kemanfaatan organisasi paguyuban betul-betul dirasakan warganya,” ungkap Andi Harun. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker