Pemilahan Sampah Mesti Diatur

SAMARINDA – Anggota Komisi III DPRD Samarinda Mohammad Novan Syahronny Pasie mengungkapkan bahwa pemilahan sampai organik dan non organik di Kota Samarinda mesti diatur secara tegas. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) harus mempersiapkan Tempat Penampungan Sementara (TPS) sesuai jenis sampah. Dan, kendaraan pengangkut sampah juga harus disesuaikan dengan jenis sampah yang diangkut.

“Saat ini memang sejumlah pusat perbelanjaan maupun toko telah menyiapkan tempat sampah yang sudah dipilah. Tetapi masih kurang efektif. Dan, TPS maupun Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) harus di bagi-bagi lagi, antara lembah B3, organik dan non organik. Selama ini kan tidak, semua digabung. Apalagi saat petugas memasukkan sampah ke truk, sampahnya digabung lagi,” kata dia bebera waktu lalu.

Dia membandingkan dengan sistem pengolahan sampai di negara maju. Disana mayarakatnya sudah terbiasa membuang sampah sesuai jenisnya.

“Nah, kebiasaan seperti itu, mesti bisa dimulai dari kota kita sendiri. Terutama, pengolahan sampah non organik. Dan, kalau bisa Samarinda memiliki pabrik mengolah sampah non organik sendiri. Sehingga tidak perlu ke luar daerah,” ucap dia. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker