Pasar Rakyat Berbentuk Modern Diapresiasi DPRD Samarinda

5 / 100

SAMARINDA Pasar Rakyat di Samarinda dibangun berbentuk lebih modern dan bersih mendapatkan apresiasi Wakil Ketua DPRD Samarinda, Rusdi. Penataan yang dilakukan Pemkot Samarinda telah sesuai wawasan lingkungan dan merupakan langkah tepat.

“Melakukan penataan pasar ini sudah tepat. Pedagang yang sebelumnya berjualan di pinggir jalan juga sekarang mendapat tempat yang rapi dan teratur di pasar rakyat Beluluq Lingau,” kata Rusdi.

Penataan Pasar Rakyat oleh Pemkot Samarinda harus terus dilakukan. Upaya penataan pasar rakyat ini akan membuat pasar di Samarinda semakin tertata rapi. Sehingga dengan kawasan pasar rakyat yang rapi dan bersih, dapat menarik masyarakat untuk datang berbelanja.

Hal tersebut tentu memiliki dampak terhadap PAD dengan yang akan menghasilkan retribusi yang nantinya dapat ditarik pemerintah dari pedagang.

“Itu juga akan bermanfaat bagi masyarakat dan akan mendorong peningkatan ekonomi masyarakat Samarinda, khususnya saudara kita dari Dayak,” kata dia.

Rusdi menggambarkan bahwa pasar rakyat Beluluq Lingau ini sangat berpotensi menjadi area wisata belanja di masa depan. Terlebih dalam pasar rakyat ini tersedia produk cinderamata khas suku Dayak.

“Di pasar rakyat ini bisa dilihat ada aksesoris dan cinderamata khas Dayak seperti kalung. Ini akan menjadi daya tarik wisatawan ketika berkunjung ke Samarinda,” pungkas Rusdi.

Diketahui bahwa pembangunan pasar rakyat yang bernama Beluluq Lingau ini mendapatkan bantuan dari APBD Kota Samarinda tahun 2022 sebesar Rp6,3 miliar. Pasar Rakyat Beluluq Lingau ini akan mendapatkan tambahan fasilitas Instalasi Pengelola Air Limbah (IPAL).

Nantinya, air limbah dari para pedagang daging, ikan, atau bekas cucian beras, tidak langsung masuk ke drainase sehingga pasar akan lebih bersih.Sementara ini, di kawasan pasar rakyat ini terdapat 100 lapak pedagang. Meski saat ini baru ditempati 71 pedagang. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker