Musrenbang RKPD 2025 Usung Penguatan Ekonomi, Infrastruktur dan SDM

5 / 100

SAMARINDA – Mewakili Wali Kota Samarinda, Sekretaris Daerah (Sekda) kota Samarinda H Hero Mardanus Satyawandi membuka secara resmi Musrenbang yang dilaksanakan Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) di Ballroom Hotel Mercure Samarinda, Selasa (26/3/2024).

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Samarinda Tahun 2024 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 mengusung tema Penguatan Ekonomi, Infrastruktur dan SDM Didukung oleh Tata Kelola Pemerintahan yang Baik Secara Adil dan Merata.

Membacakan sambutan Wali Kota, disampaikan Hero bahwa Musrenbang merupakan salah satu tahap dalam sistem perencanaan pembangunan nasional, sehingga dalam prosesnya perlu memperhatikan dokumen perencanaan yang telah disusun sebelumnya.

Sehingga diharapkannya agar setiap program, kegiatan dan sub kegiatan yang diusulkan dibahas dengan tetap memperhatikan kedudukan Kota Samarinda sebagai bagian dari Provinsi Kalimantan Timur dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ia mengemukakan pula bahwa dalam menjalankan roda pemerintahan Kota Samarinda, tidak berdiri sendiri, karena ada mitra pemerintah yakni DPRD Kota Samarinda.

“DPRD kota Samarinda selalu menjadi teman yang baik dan selalu mengawasi jalannya pemerintahan. Untuk itu, dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Kota Samarinda, atas kerjasama dan koordinasi yang baik selama ini, mudah-mudahan kita selalu bersinergi dalam membangun Samarinda menjadi Kota Peradaban,” tuturnya.

Terkait RKPD, dikatakannya dokumen RKPD yang disusun nantinya, tidak hanya memenuhi amanat peraturan perundang-undangan, melainkan juga bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan aktual pembangunan, mengakomodir berbagai kebutuhan dan aspirasi masyarakat serta sebagai penjabaran operasional dari visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota.

“Artinya, seluruh daftar usulan pembangunan kelurahan yang telah di input dalam aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah, akan kita bahas kembali sesuai skala prioritas dalam mendukung visi dan misi daerah,” katanya.

Berdasarkan strategi dan arah kebijakan Pembangunan tahun 2025, Samarinda akan memprioritaskan peningkatan peraganagna dan jasa, perindustrian serta pariwisata. Penguatan infrastruktur strategis perkotaan dan pelayanan dasar bagi Masyarakat. Peningkatan kualitas lingkungan hidup. Penguatan SDM Unggul dan berdaya saing. Dan, penguatan Pelayanan yang prima

“Saya yakin dan percaya, melalui forum Musrenbang ini kita dapat menghasilkan sebuah keputusan yang benar-benar berorientasi pada kepentingan masyarakat. Saya juga berharap perumusan dan penetapan program prioritas kecamatan nantinya, harus benar-benar mampu menjawab setiap permasalahan serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Samarinda,” katanya.

Selanjutnya, bagi seluruh perangkat daerah diingatkannya untuk mensinergikan usulan kelurahan kecamatan ini menjadi bagian dari Rencana Kerja Perangkat Daerah sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

“Pelajari dan pahami serta pertajamkan kembali rumusan program dan kegiatannya, dengan tetap mengedepankan azas efektifitas, efesien serta pertimbangan kamampuan keuangan daerah. Tunjukkan sikap loyalitas serta etos kerja yang tinggi. Jangan terlena dengan apa yang ada saat ini, tapi mari kita berfikir tentang apa yang harus kita capai untuk beberapa tahun mendatang,” pesan Wali Kota seperti disampaikan Hero.

Kegiatan sehari ini dihadiri seluruh kepala OPD, Camat, Lurah, Forkopimda dan jajaran anggota DPRD kota Samarinda, Perusda kota Samarinda dan Tim Wali Kota untuk Akselerasi Pembangunan (TWAP) kota Samarinda. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker