Lintasan Ujian SIM C Dirubah, Dirlantas Polda Kaltim Sampaikan Alasannya

4 / 100

SAMARINDA – Kegelisahan masyarakat Samarinda terhadap ujian praktik berkendaraan terjawab sudah. Rasa ragu yang menghantui pemohon Surat Ijin Mengemudi (SIM) golongan C mulai sirna.

Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polisi Daerah (Polda) Kalimantan Timur resmi menerapkan lintasan baru sesuai arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yaitu lintas ‘S’ dari sebelumnya merupakan lintasan ‘8’, di lingkungan Polresta Samarinda,  Rabu (9/8/2023).

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kaltim, Kombes Pol Sonny Irawan mengatakan jika peluncuran lintasan ‘S’ pada lapangan ujian praktik pemohon SIM C juga dilaksanakan serentak diseluruh Polres dan Polresta di wilayah hukum Polda Kaltim.

Perubahan lintasan ‘8’ menjadi ‘S’ bukan tanpa alasan. Penerapan lintasan ‘S’ sangat menyerupai kondisi pengendara menggunakan jalan umum. Dan tidak menghilangkan aspek kompetensi pemohon SIM.

“Dari keluhan masyarakat yang dikaji oleh pimpinan dan tim, akhirnya bapak Kapolri perintahkan untuk dirubah dan tidak mempersukit masyarakat,” ungkapnya.

Ada empat aspek diujikan. Yakni, uji rem keseimbangan, uji u-turn keterampilan, uji kombinasi persimpangan, dan uji rem menghindar. Ini tetap memperhatikan dan menjaga aspek keselamatan berkendara.

Usai meresmikan lintasan di lapangan uji praktik SIM Polresta Samarinda, Dirlantas Polda Kaltim mengajak Kapolresta Samarinda ikut mencoba lintasan tersebut.

“Jangan cuma masyarakat (pemohon SIM) saja yang dituntut bisa melintasi lintasan tersebut, kami (petugas) juga wajib mencoba,” ujar Sonny.

Sukma (29) yang merupakan karyawan swasta, mengatakan dirinya berhasil melintasi lintasan ujian praktik SIM tersebut. Dan, merasa senang menyelesaikan ujian praktik ujian SIM ini.

“Lima tahun lalu saya buat SIM harus 3 kali mengulang diujian praktik. Lupa kalau masa berlakunya habis. Jadi disarankan membuat SIM baru. Nah kali ini cuma sekali sudah lulus,” jelas Sukma.

Dia mengucapkan terimakasih kepada Kapolri. Karena sudah menjawab keluhan masyarakat seluruh Indonesia soal ujian praktik SIM. “Jadi masyarakat Samarinda jangan takut untuk membuat SIM, kini mudah dan aman serta petugasnya ramah,” pungkasnya. (sur)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker