Komisi I Minta Pemkot Tegas Kelola Aset

SAMARINDA – Ketua Komisi I DPRD Samarinda Joha Fajal meminta Pemkot Samarinda bersikap tegas terhadap pengelolaan aset daerah. Dan segera merapikan pendataan. Seperti data nama dan alamat pejabat yang menggunakan aset daerah kendaraan dinas.

“Setiap pejabat yang sudah tidak menduduki jabatannya dan menggunakan kendaraan dinas, maka pejabat tersebut wajib mengembalikannya ke pemerintah. Ini merupakan salah satu klausul hasil rekomendasi dari tim Panitia Khusus (Pansus) Aset DPRD Samarinda pada tahun 2022 lalu. Tetapi, tindakan persuasih harus diutamakan. Bagaimana pun mantan pejabat tersebut pernah berjasa dan membantu kerja pemerintah,” ungkap Joha Fajal beberapa waktu lalu.

Menurut dia, seyogyanya mantan pejabat tersebut bisa mengikuti aturan. Sebab, aset daerah yang belum dikembalikan itu telah menjadi atensi sejumlah pihak. Termasuk Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Aset-aset pemerintah yang keberadaannya masih belum jelas, diharapkan bisa terdata dengan rapi,” ungkap dia.

Sebelumnya, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Samarinda telah mengirimkan surat pemberitahuan pengembalian mobil dinas kepada sejumlah mantan pejabat. Mantan pejabat tersebut diberi waktu hingga akhir Maret untuk mengembalikan kendaraan dinas milik pemerintah. Apabila masih belum dikembalikan, maka pemerintah akan mendatangi alamat rumah pejabat tersebut. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker