Kamaruddin Minta Pemerintah Perhatikan Sektor Pertanian

4 / 100

SAMARINDA – Anggota DPRD Samarinda Kamaruddin meminta pemerintah dapat memperhatikan sektor pertanian sebagai penghasil pangan. Sebab, sektor pertanian menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat saat Ibu Kota Negara (IKNO resmi pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Terutama wilayah yang ditetapkan sebagai penyangga IKN, seperti Kota Samarinda.

“Pendatang baru diprediksi akan menyerbut Kabupaten/Kota di Kaltim saat IKN resmi pindah dari Jakarta ke Kaltim. Nah, serbuan pendatang baru ini perlu disikapi pemerintah daerah. Termasuk di Kota Samarinda. Sebelum IKN resmi pindah ke Kaltim, maka perlu percepatan antisipasi masalah. Karena itu, perlu ada dorongan terhadap petani dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap dia beberapa waktu lalu.

Menurut dia, pemerintah mesti segera mencetak sawah, agar tidak ketergantungan dengan kebutuhan pangan dari luar Kaltim. Sebab, banyak lahan sulit dikembangkan menjadi lokasi pertanian, yang diakibatkan tambang batu bara.

“Ditambah laghi, ada kelompk tani yang menerima bantuan dari pusat, tetapi mereka tidak memanfaatkannya dengan baik. Jadi kita berharap pemerintah bisa membagikan tanah kepada petani untuk dikelola menjadi persawahan. Sehingga kedepan mampu memenuhi kebutuhan pangan,” ucap dia. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker