Dua Pickup Angkut Surat Dukungan Bakal Calon Walikota Samarinda

SAMARINDA – Sebanyak 69.725 surat dukungan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Kota Samarinda dari calon perseorangan diangkut dengan 2 mobil pickup ke KPU Kota Samarinda di Jalan Ir Juanda Samarinda, Kamis (20/2) pagi.

Dengan mengendarai angkutan kota (angkot), Zairin dan Sarwono tiba di Kantor KPU sekitar pukul 10.58 WITA. Mereka diantar ratusan pendukung dan simpatisanya.

Banyaknya pendukung yang hadir membuat KPU harus melakukan pembatasan. Akibatnya petugas harus meminta sebagian besar pendukung keluar dari halaman KPU dan hanya bisa menyaksikan dari luar pagar.

Bakal calon Walikota Samarinda Zairin Zain  mengatakan bahwa kedatangannya ke KPU bersama ratusan emak-emak sebagai bentuk tanggungjawabnya untuk menyampaikan dukungan dari masyarakat Kota Samarinda dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

“Kami datang untuk memenuhi undangan KPU, agar calon perseorangan yang maju di Pilkada Pilwali Kota Samarinda harus disaring KPU. Kami menyerahkan 69 ribu dukungan. Semoga berkah dan diserahkan kepada KPU untuk diverifikasi secara cermat. Kami sudah kerja keras untuk memenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan. Sekarang, kami serahkan sepenuhnya proses perhitungan kepada KPU,” kata Zairin.

Sementara itu, Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat mengatakan bahwa KPU telah menetapkan angka minimal bagi calon perseorangan yang ingin maju melalui jalur perseorangan.  Pasangan calon perseorangan harus mengumpulkan surat dukungan minimal 43.977 surat dukungan. Namun pasangan bakal calon Zairin-Sarwono mengantarkan 69.725 surat dukungan.

“Tadi kami mendapatkan informasi dari Tim Silon, bahwa Pak Zairin akan mengantarkan 69.725 surat dukungan. Artinya sudah lewat dari persyaratan minimal.  Jadi, tidak ada masalah. Namun ini masih akan di proses lagi melalui  verifikasi administrasi dan verifikasi faktual,” kata Firman Hidayat.

Sementara itu berdasarkan informasi setelah pasangan Zairin-Sarwono, bakal calon lainnya yang maju melalui jalur perseorang Parawansya-Markus dan Siti Komariah-Ansharullah juga akan menyerahkan surat dukungannya ke KPU Samarinda dalam waktu dekat. (maman)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker