DPRD Samarinda : Kawasan Kumuh Telah Menurun

8 / 100

SAMARINDA – Kawasan kumuh di Samarinda, kian menyusut. Luas kawasan kumuh Samarinda itu berkurang hingga 2022 lalu yang menyisakan 40-50 hektare. Berkurangnya kawasan kumuh di Kota Samarinda tersebut tak lepas dari peran  Pemkot Samarinda dan stakeholders serta masyarakat secara umum dalam mewujudkan Samarinda sebagai kota sehat dan bersih.

Wakil Ketua DPRD Samarinda, Subandi menyampaikan luas lahan kawasan kumuh telah menurun berdasarkan catatan yang dimilikinya.

“Samarinda ini tahun 2015 lalu itu luasnya kurang lebih 500 hektar kawasan kota yang kumuh. Sekarang, alhamdulillah berkat kerja keras Pemkot Samarinda dan seluruh elemen masyarakat Samarinda, berkurang hingga sisa tinggal sekitar 40-50 hektare saja kawasan kumuh itu,” kata Subandi.

Pemkot Samarinda telah melakukan berbagai program dan pembangunan secara bertahap dalam menangani kawasan kumuh tersebut. Seperti penataan kawasan tepi sungai hingga penertiban lokasi yang menjadi penyebab kekumuhan.

Namun, upaya tersebut tentu perlu dibantu dengan kesadaran warga dalam menjaga lingkungan agar tetap sehat dan bersih. Oleh karena itu, Subandi mengajak dan menghimbau bagi seluruh masyarakat Samarinda untuk berpartisipasi aktif dalam mengurangi kawasan kumuh.

Kawasan yang sehat dan bersih kemudian dapat berperan aktif untuk menjaga kesehatan masyarakat.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar terus meningkatkan kesadaran kita tentang pentingnya rumah dan lingkungan yang sehat. Ini penting untuk masa depan yang baik, yang sehat sehingga Samarinda menjadi kawasan tempat tinggal yang nyaman tentunya ini diperlukan kesadaran masyarakat yang tinggi untuk semuanya berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan,” jelas Subandi.

Dilain sisi, Subandi terus mendorong dan memberikan dukungan kepada Pemkot Samarinda untuk melakukan upaya-upaya penataan kota secara simultan dan menyeluruh dalam menciptakan Samarinda sebagai kota pusat peradaban yang sehat dan bersih.

“Saya mengajak masyarakat untuk segera beradaptasi dengan program kerja Pemkot Samarinda khususnya untuk menyukseskan program ini. Supaya Samarinda yang nyaman, Samarinda yang layak huni, Samarinda yang rapi aman nyaman itu bisa kita capai,” pungkas Subandi. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker