Abdul Rofik : RKPD 2024 Perlu Utamakan SDM

SAMARINDA – Anggota DPRD Samarinda dari PKS Abdul Rofik menilai Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2024 perlu mengutamakan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Ini sesuai visi misi Wali Kota Samarinda, untuk menjadikan Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban.

Hal itu disampaikan Abdul Rofik usai mengikuti rapat penyusunan RKPD tahun 2024 dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Selasa (7/3/2023) lalu.

“Perlu ada perbaikan seperti sinkronisasi SDM. Sehingga mereka memiliki kemampuan selaras dengan bidang pekerjaannya,” ucap dia.

Dia mencontohkan saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Ketika itu, Pemkot menghadirkan Bidang Sosial. Seharusnya menghadirkan OPD bidang teknis.

“Saat saya menghadiri Musrenbang tingkat Kecamatan, ada pertanyaan dari masyarakat soal teknis pembangunan drainase atau parit. Nah, seharusnya orang teknis dari PUPR yang dihadirkan, karena mereka yang lebih mengerti rancangan teknis bangunan,” ucap dia.

Dia berharap perlu ada sinergitas dan kesesuaian bidang ilmu. Ini menjadi menjadi fokus, untuk penempatan SDM berkualitas. “SDM yang ditempatkan mesti memiliki kualitas mumpuni menangani masalah ditengah masyarakat,” kata dia. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker