Tim Kominfo Samarinda Sosialisasikan Antisipasi Hoax dan Medsos

6 / 100

SAMARINDA – Tim Kominfo Kota Samarinda melaksanakan sosialisasi tentang media sosial (medsos) dan antisipasi hoax di Kecamatan Loa Janan Ilir, Selasa (31/5/2022) lalu.

Kepala Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Euis Eka April Yani mewakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Dr Aji Syarif Hidayatullah menyampaikan bahwa di era sekarang ini medsos merupakan bagian penting dari kehidupan masyarakat.

Menurut dia, hampir semua orang memiliki medsos, dikarenakan semakin murahnya perangkat berteknologi internet seperti HP Android. Ini tentu saja membawa banyak kemudahan berkomunikasi dan manfaat lainnya.

Namun, kata dia,  dibalik manfaat dan kemudahan teknologi tersebut, tersimpan beberapa bahaya apabila tidak diantisipasi dengan baik, kaena akan bisa merugikan pemakai media itu sendiri. Diantaranya, beragam penipuan menggunakan media sosial, termasuk tersebarnya berita bohong atau hoax.

“Karena itu, sebagai institusi yang menangani persoalan teknologi informasi, Diskominfo Kota Samarinda terus berjuang bersama lembaga-lembaga lainnya yang bekompeten untuk melakukan aneka antisipasi dalam menangkal penyebaran  hoax maupun penipuan berbasis teknologi komunikasi. Diantara program yang dilakukan Diskominfo kota Samarinda adalah melakukan sosialisasi langsung ke masyarakat bekerjasama dengan kecamatan-kecamatan di Kota Samarinda,” ucap dia.

Pada sosialisasi di Kecamatan Loa Janan Ilir, dihadirkan tiga narasumber sesuai bidang keahlian masing-masing. Selain Euis Eka April Yani sendiri selaku Kepala Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi, juga ada dua pemateri lainnya yakni Muhammad Rizki Hadid SH, seorang pengacara  dan  Sub Koordinator Desiminasi Informasi Publik dan Media Tradisional, Abdillah Syafei.

Kegiatan itu dihadiri para lurah, LPM, Karang Taruna dan unsur-unsur organisasi kemasyarakat se-Kecamatan Loajanan Ilir. Acara tersebut berlangsung meriah, karena banyak pertanyaan-pertanyaan peserta seputar teknologi informasi dan hoax yang memang saat ini begitu banyak beredar di berbagai media sosial. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker