Revisi Perda RTRW Kota Samarinda, Ada Apa?

SAMARINDA – Ketua Badan Pembentukan Peraturan Derah (Bapemperda) DPRD Samarinda Samri Shaputra dipertemukan dengan Wali Kota Samarinda Andi Harun di acara Diskusi Pembangunan dengan tema Revisi Perda RTRW Kota Samarinda, Ada Apa? Diskusi tersebut merupakan garapan HMI Cabang Kota Samarinda, yang diselenggaakan di  Cafe D’Bagios, Jalan Basuki Rahmat, Rabu (22/2/2023) malam.

Dalam acara tersebut, Ketua Bapemperda DPRD Samarinda Samri Shaputra menyampaikan sebelum disahkan, regulasi revisi Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Samarinda perlu dilakukan pembahasan ulang.  “Sebelum RTRW itu ditetapkan Pemkot, kami sudah memanggil pihak yang mengajukan Peninjauan Kembali (PK). Diantaranya, REI dan 50 perwakilan, pengembang pertambangan serta pemilik lahan kecil. Saat itu, kami menanyakan apakah Raperda RTRW ini sudah sampai ke pengembang. Ternyata, rata-rata mereka bilang belum,” jelas dia.

Dia memastikan Komisi III belum pernah membahasnya. Sehingga dikhawatirkan, apabila langsung disahkan, status lahan di RTRW nanti tidak sesuai harapan masyarakat. “Kami belum pernah turun ke lapangan. Kami belum tahu, mana kawasan hijau dan pemukiman di dalam RTRW tersebut,” kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Samarinda Andi Harun menjelaskan bahwa pembahasan revisi Perda RTRW Samarinda telah digulirkan sejak 2018 silam. Bahkan sebelum dirinya menjabat sebagai Wali Kota Samarinda. “Raperda ini (RTRW) ini sudah mendapat substantif tanggal 8 Februari 2023. Saya mengingatkan kembali ke DPRD, tenggat waktunya 13 Februari 2023. Kemudian tidak ada pembahasan di internal DPRD Samarinda,” ucap dia.

Dia menegaskan bahwa keputusan pengesahan Raperda RTRW tersebut tak diambil atas kepentingan sekelompok pihak. Namun berdasarkan peraturan Undang-Undang nomor 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Perundangan. “Itu adalah kerangka hukum sebelum berbicara norma. Salah alamat, kalau meminta Wali Kota menunda. Karena itu dari pusat. Aturan lebih tinggi mengesampingkan aturan di bawahnya,” tegasnya. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker