Pasar Modern Bakal Diwajibkan ‘Tampung’ Produk Lokal UMKM

SAMARINDA – Pasar modern kian menjamur di Kota Samarinda. Bahkan hampir di setiap ruas jalan di Samarinda berdiri Pasar Modern. Bagaimana nasib produk lokal UMKM di Samarinda? Kedepan, Pasar Modern di Samarinda bakal diwajibkan menyediakan tempat khusus produk lokal UMKM.

Apakah ada aturannya? Tentu saja akan ada aturannya. Saat ini, DPRD Samarinda sedang merancang sebuah aturan itu. Yakni, Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perlindungan dan Pendistribusian Produk Lokal UMKM ke Pasar Modern.

Dalam Raperda tersebut, nanti akan dimasukkan pasal kewajiban retail Pasar Modern ‘menampung’ produk lokal UMKM di Kota Samarinda.  “Setiap tahun, ada saja retail modern berdiri di sejumlah ruas jalan Samarinda. Nah, di salah satu pasal dalam Raperda tentang Perlindungan dan Pendistribusian Produk Lokal UMKM ke Pasar Modern, kita masukkan kewajiban retail menyediakan tempat khusus produk lokal UMKM. Kenapa? Supaya masyarakat mengetahui kalau di Samarinda ada produk UMKM lokal,”  tandas anggota DPRD Samarinda dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) H Laila Fatihan, kemarin.

Untuk lebih mempertajam Raperda tersebut, maka saat ini DPRD Samarinda mengagendakan sosialisasi Raperda secara rutin. Sehingga diharapkan anggota dewan banyak mendapatkan masukan dari masyarakat. Terutama para pelaku UMKM di Kota Samarinda.

“Sosialisasi Raperda ini menjadi agenda rutin seluruh anggota dewan. Ini untuk menyerap masukan dari masyarakat, sebelum kita membahas Raperda tersebut,” ungkap Laila Fatihah.

Menurut dia, Raperda tentang Perlindungan dan Pendistribusian Produk Lokal UMKM ke Pasar Modern yang disosialisasikan ini, bertujuan untuk memberikan perlindungan dan pembinaan UMKM di Samarinda. “Kita perlu upaya yang bisa membuat UMKM di Samarinda bisa berkembang, dengan menyesuaikan zaman. Apalagi sekarang semua serba online. Bahkan, mendaftar UMKM harus online,” kata dia. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker