Nilai-nilai Pramuka Mesti Dihidupkan Kembali

8 / 100

SAMARINDA – Peringatan Hari Pramuka tahun 2023 menjadi momentum penting bagi masyarakat Indonesia, termasuk di Kota Samarinda. Ketua DPRD Samarinda, Sugiyono, berharap peringatan ini menjadi ajang menghidupkan kembali semangat dan nilai-nilai pramuka di kalangan generasi muda.

Dalam pesannya, Sugiyono menekankan pentingnya memiliki jiwa pramuka yang mencerminkan sifat penolong, gagah, dan berani. Menurutnya, saat ini para remaja cenderung kehilangan identitas sebagai warga negara Indonesia yang gemar tolong-menolong dan menjunjung tinggi semangat gotong royong.

“Kita perlu menghidupkan kembali semangat pramuka sebagai wadah pembentukan karakter generasi muda. Pramuka harus mampu menjadi contoh bagi organisasi kepemudaan lainnya,” ujar Sugiyono.

Dia mendorong agar organisasi pramuka lebih aktif dalam kegiatan di lingkungan sekolah. Dia menyarankan agar pendidikan pramuka mulai diperkenalkan kepada anak-anak sejak tingkat sekolah dasar. Hal ini sejalan dengan tahapan perkembangan pramuka mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak, hingga Pandega.

“Melalui kegiatan pramuka yang berjenjang, kita bisa membentuk karakter dan kemandirian anggota pramuka. Semua ini merupakan investasi bagi masa depan bangsa,” tambahnya.

Sugiyono juga menilai bahwa karakter kepemimpinan dan semangat gotong royong yang diajarkan dalam pramuka sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat modern. Dengan memiliki karakter yang tangguh dan penuh nilai-nilai positif, generasi muda di Samarinda dan Indonesia pada umumnya diharapkan akan menjadi pemimpin masa depan yang berintegritas dan bertanggung jawab. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker