Markaca Dukung Renovasi Lamin Adat Pampang

SAMARINDA – Anggota komisi III DPRD Kota Samarinda, Markaca mendukung  Pemkot  merenovasi bangunan Lamin Adat di Desa Pampang, Kecamatan Samarinda Utara. Pasalnya, Pemkot berkomitmen menjaga dan melestarikan budaya yang berkembang di Desa Budaya Pampang.  “Itu langkah yang bagus karena selama ini belum maksimal pemerintah,” ucapnya.

Dia mengatakan, Pampang telah ditetapkan sebagai Desa Wisata. Namun masih banyak kekurangannya. Seperti toilet belum memenuhi standar wisata. Kemudian tempat peristirahatan para wisatawan yang berkunjung ke wilayah tersebut belum disediakan.

Karena itu, Markaca meminta Pemkot tidak saja fokus renovasi bangunan lamin. Tetapi memperhatikan sarana pendukung lainnya. Termasuk gerai yang digunakan berjualan pernak pernik kebudayaan lokal khas Dayak.

“Harusnya juga memfasilitasi tempat tersebut. Supaya menjadi destinasi wisata terus juga lingkungan dibuat semenarik mungkin kalau ini langkah tang bagus dan luar biasa jadi pembangunan itu diperlukan masyarakat,” imbuhnya.

Dia menyatakan lamin adat yang telah direnovasi bisa menjadi cagar budaya melestarikan budaya Kaltim dan bisa menghasilkan PAD buat daerah karena orang orang akan berwisata ke daerah tersebut

“Pokoknya dibuat baguslah yang mengarah ke destinasi wisata. Saya yakin jika itu ditata dengan baik, pasti bisa membangkitkan perekonomian masyarakat, karena nanti banyak dikunjungi wisatawan. Yang pasti kami dari komisi III akan selalu mendukung selama rencana itu memiliki dampak yang positif,” kata dia. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker