Kurangi Angka Pengangguran, Disnakertrans Ambil Langkah Pro Aktif

KUTAI KARTANEGARA – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengambil langkah pro aktif mengurangi angka pengangguran dengan mengumumkan serangkaian pelatihan kerja untuk tahun 2024.

Plt Kepala Dinas Tenaga  kerja dan Transmigrasi Kutai Kartanegara Muhammad Hatta mengatakan bahwa pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kesiapan kerja warga Kukar. Sesuai program kerja Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui RPJMD 2021-2026 telah menetapkan program strategis pembangunan daerah yakni Kukar Idaman (Kutai Kartanegara Inovatif, Berdaya Saing dan Mandiri).

M Hatta menyampaikan bahwa Program Kukar Siap Kerja  merupakan Program Dedikasi KUKAR IDAMAN, yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan fasilitasi kemitraan tenaga kerja secara terintegrasi mulai dari peningkatan kapasitas SDM tenaga kerja,dengan membangun dan memperkuat Pusat Pelatihan Tenaga Kerjaatau Vokasidi setiap ZONA wilayah (Hulu, Tengah, Pesisir) hingga fasilitasi akses kelapangan kerja (Job Market) dan kesempatan berusaha (entrepreneurship), dengan target pelatihan sebanyak 6.000 pencari kerja selama periode kepemimpinan Edi Damansyah dan Rendi Solihin.

Dalam pelaksanaannya, Disnakertrans Kukar akan menyelenggarakan delapan jenis pelatihan yang mencakup operasi alat berat, desain grafis, kreasi konten, teknik pengelasan, penataan rambut, pelatihan SKK migas, mekanik dasar, dan pelatihan keamanan.

“Kami bertujuan untuk memberikan pelatihan yang tidak hanya meningkatkan keterampilan tetapi juga memastikan peserta mendapatkan pekerjaan yang layak,” kata M Hatta, Kamis (3/7/2024).

Hatta mengatakan Disnakertrans Kukar juga berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan perusahaan yang beroperasi di Kukar. Utamanya adalah pemuda dan pencari kerja yang berada disekitar perusahaan beroperasi, hal ini dimaksudkan agar keberadaan perusahaan juga berkontribusi terhadap masyarakat sekitar.

“Selain itu kami juga melakukan pendataan dan perencanaan untuk pelatihan yang akan dilaksankan sehingga para peserta pelatihan nantinya bisa mendapatkan mendapatkan pekerjaan yang sesuai,” kata dia.

Dia berharap kolaborasi ini dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran. “Kami akan melakukan pendampingan kepada peserta pelatihan hingga mereka mendapatkan pekerjaan yang layak,” tegas Hatta. (SR/ADV/DISKOMINFO KUKAR)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker