KPN Balai Kota Gelar RAT

Wali Kota Samarinda Harap Anggota Gunakan Hak Suara

SAMARINDA – Sekretaris Daerah Kota Samarinda Ir. H. Hero Mardanus Satyawan, MT menghadiri Pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2022 Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Balaikota Samarinda yang berlangsung di Ruang Rapat Mangkupelas Lantai II Balaikota, Kamis (09/03/2023) pagi.

Wali Kota Samarinda Dr. H. Andi Harun dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekda Hero Mardanus mengatakan bahwa Bung Hatta (Wakil Presiden pertama RI. red) pernah mengatakan bahwa bentuk perekonomian yang paling cocok bagi bangsa Indonesia adalah usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Usaha bersama itu adalah koperasi.

Berbagai manfaat koperasi, kata dia, diantaranya sebagai ruang untuk bisa menyimpan modal. Koperasi juga bisa memberikan pinjaman dan tambahan modal bagi anggota yang membutuhkan. Koperasi juga mampu memberikan dana pinjaman untuk kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan lainnya.

“Rapat Anggota Tahunan dari sebuah koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan,” tegas Andi Harun.

Karena menurut dia, Rapat Anggota Tahunan merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi. Selain itu, Rapat Anggota Tahunan juga merupakan inspirsi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi yaitu asas kekeluargaan.

“Sebagai institusi pengambilan keputusan tertinggi dalam koperasi, Rapat Anggota Tahunan menyiratkan bahwa kekuatan utama pada organisasi koperasi adalah pada anggotanya,” jelas dia.

Dalam sambutannya, Andi Harun menyampaikan bahwa Rapat Anggota Tahunan juga mempunyai arti yang cukup strategis dalam pengembangan koperasi ke arah yang lebih baik lagi. Karena akan dibahas laporan pertanggungjawaban pengurus dan rencana anggaran, serta Rencana Anggaran Pendapatan Koperasi. Pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan yang tertib dan lancar, menurut dia mengisyaratkan keterbukaan dan keprofesionalan kepengurusan KPN Balai Kota Samarinda yang amanah.

“Saya yakin pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan ini menjadi wujud pertanggungjawababan optimal dan maksimal pengurus dan kiprahnya dalam waktu satu tahun ini,” lanjut Sekda Hero Mardanus membacakan sambutan Wali Kota Andi Harun.

Pertanggungjawaban ini penting dilakukan untuk mengukur kinerja pengurus serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan agar pada masa mendatang kekurangan koperasi dapat dperbaiki dan lebih disempurnakan lagi.

Dia menjelaskan bahwa Rapat Anggota Tahunan merupakan hal penting dan mendasar dalam aktifitas perkoperasian.

“Selain itu saya harap Rapat Anggota Tahunan ini merupakan pintu untuk menjadi kontrol dan evaluasi terhadap Pengurus KPN Balai Kota Samarinda,” imbuhnya.

Rapat Anggota Tahunan ini juga menjadi ajang pengumpulan pendapat, saran serta menyusunan kebijakan strategis dalam menjaga keamanan sebuah koperasi.

Karena itu, semakin banyak anggota yang berpartisipasi secara aktif maka akan semakin baik dan dapat memperoleh hasil keputusan dan kebijakan yang sesuai dengn harapan dan kebutuhan anggota koperasi.

“Saya berharap anggota-anggota koperasi yang hadir dapat menggunakan hak berbicara dan menyampaikan aspirasinya, sehingga pertanggungjawaban yang disampaikan pengurus dapat diterima dan dipahami dengan baik,” pungkas dia.

Acara pembukaan Rapat Anggota Tahunan KPN Balai Kota ini kemudian dilanjutkan dengan pemberian Hadiah dan Penghargaan kepada 3 anggota yang dinilai memiliki prestasi terbaik yakni Masdian dari SDN 016, Sri Puji Rahayu dari Kelurahah Mangkupalas, dan Eka Suryati dari Bapenda. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker