Komisi IV dan Dinsos Gelar Hearing Bahas Penanggulangan Kemiskinan

SAMARINDA – Komisi IV DPRD Samarinda bersama Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM)  menggelar hearing membahas program orangtua asuh. Hearing dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 1 Gedung DPRD Samarinda Jalan Basuki RAhmat, Rabu (6/9/2023).

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Samarinda Muhammad Rudi menyampaikan bahwa hearing dengan Dinsos Samarinda ini membahas upaya penanggulangan kemiskinan di Kota Samarinda.

“Program Orangtua Asuh dari Dinsos ini tujuannya agar bisa mengangkat anak-anak yang statusnya berada di garis kemiskinan yang ekstrim,” ucap dia.

Dia meminta Dinsos Samarinda melakukan pendataan akurat. Kenapa? Supaya data anak-anak di garis kemiskinan ekstrim validasinya sesuai.

Rudi mengingatkan agar lakukan pendataan dengan akurat agar validasi anak-anak yang memang berada dalam garis kemiskinan itu sesuai, sehingganya mereka juga dapatkan hak-haknya sosialnya.

“Rekap datanya harus valid. Sehingga anak-anak itu bisa memperoleh hak-hak sosialnya. Pendataan itu harus segera dilakukan,” ucap dia.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Agus Sofyan menjelaskan tujuan Program Orangtua Asuh, yakni menjadi orang tua asuh bagi anak miskin ekstrim di Samarinda.

“Tujuannya bukanl memberikan bantuan uang kepada anak-anak setiap bulannya. Namun, lebih ke pengawasan terhadap anak itu agar tetap bersekolah,” kata dia. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker