Kecamatan Tabang Usulkan Pembangunan Infrastruktur Jalan

KUTAI KARTANEGARA – Pembangunan infrastruktur jalan merupakan salah satu komponen yang paling penting untuk mendukung perdagangan dan mobilitas penduduk.  Terlebih jalan ini merupakan  arteri utama di Kecamatan Tabang, yang menghubungkan Kecamatan Tabang dengan kecamatan-kecamatan lain diwilayah timur Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dari itu pembangunan infrastruktur khususnya pembangunan jalan di wilayah kecamatan Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus ditingkatkan. Hal ini dilakukan agar akses dari desa ke desa lainnya serta Kecamatan lain bisa lebih mudah dan lancar.

Camat Tabang Rakhmadani Hidayat, pihaknya sudah mengusulkan ke Pemkab Kukar soal pembangunan infrastruktur jalan tersebut. Salah satunya, jalan menghubungkan Desa Umaq Dian ke Desa Muara Pedohon. Rencananya akan dikerjakan tahun ini, melalui anggaran murni tahun 2024.

Kecamatan Tabang di Kutai Kartanegara menargetkan penyelesaian pembaruan infrastruktur jalan utama yang menghubungkan Desa Umaq Dian dan Desa Muara Pedohon dalam tahun ini.

Rakhmadani Hidayat, mengatakan pihaknya juga akan memulai pembetonan jalan sepanjang 1 km dari Muara Pendohon menuju Desa Umaq Dian, yang tercatat dalam anggaran 2024. “Bagian yang tersisa akan kita usulkan dalam anggaran perubahan,” kata dia.

Jalan ini sangat penting untuk mendukung perdagangan dan mobilitas penduduk, jalan ini adalah arteri utama kecamatan. “Kondisi jalan saat ini masih berupa soil cement. Kami berharap, dengan anggaran tahun 2024 atau melalui anggaran perubahan, jalan ini dapat selesai dibeton tahun ini juga,” kata Rakhmadani Hidayat.

Jalan utama yang menghubungkan kedua desa tersebut memiliki panjang total 33 km, dengan sebagian telah dibeton dan sisanya masih berupa soil cement.

Kecamatan Tabang terus berupaya mengajukan permohonan kepada Pemkab Kukar agar jalan-jalan yang masih berupa soil cement dapat ditingkatkan menjadi beton, terutama mengingat kondisi tanah di wilayah tersebut yang mudah berubah dan menyebabkan kerusakan jalan. (ADV/DISKOMINFO KUKAR)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker