Ekspose RDTR dan KLHS Dihadiri Ketua DPRD Samarinda

SAMARINDA – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional melalui Direktorat Jenderal Tata Ruang menyelenggarakan ekspose kegiatan bantuan teknis penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Daerah Mitra Ibu Kota Negara (IKN).  Acara ini berlangsung di Hotel Mercure Samarinda, Kamis (21/9/2023).

Ketua DPRD Samarinda Sugiyono tampak menghadiri acara tersebut. Hadir pula berbagai pihak terkait dalam pengembangan infrastruktur dan tata ruang di wilayah tersebut.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan langkah-langkah serta memberikan pemahaman lebih mendalam tentang RDTR dan KLHS kepada para pemangku kepentingan di daerah mitra IKN.

Sambutan pertama disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), H. Sunggono. Dia menyampaikan pentingnya penyusunan RDTR dan KLHS sebagai langkah awal yang strategis dalam mengelola tata ruang dan lingkungan hidup di wilayah tersebut.

“Hal ini menjadi landasan bagi pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan ramah lingkungan,” kata dia.

Sementara itu, Walikota Samarinda yang diwakilkan Pejabat Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Sam Saimun memberikan dukungan penuh terhadap upaya-upaya peningkatan tata ruang dan lingkungan hidup di wilayahnya.

Dalam ekspose ini, Kementerian Agraria Dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional melibatkan para ahli dan praktisi dalam penyusunan RDTR dan KLHS. Ini untuk memberikan wawasan lebih luas kepada peserta. Selain itu, sesi diskusi juga digelar untuk mendengarkan masukan dan pertanyaan dari para peserta.

Kegiatan ekspose ini menjadi langkah awal penting mewujudkan tata ruang teratur dan berkelanjutan di daerah mitra IKN.

“Dengan partisipasi aktif semua pihak terkait, diharapkan pembangunan infrastruktur dan pengelolaan lingkungan hidup dapat berjalan efisien dan berdampak positif bagi masyarakat serta generasi mendatang,” kata Ketua DPRD Samarinda Sugiyono.

Kementerian Agraria Dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan RDTR dan KLHS di berbagai daerah guna menciptakan tata ruang yang lebih baik dan lingkungan hidup yang lebih sehat. (ADV/HMS)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker