Diskominfo Gelar Kick Off Meeting

Kegiatan Information Technology Security Assessment

8 / 100

SAMARINDA – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda melalui Bidang Persandian dan Statistik menggelar Kick off Meeting Kegiatan Information Technology Security Assessment (ITSA) atau identifikasi kerentanan dan penilaian risiko suatu sistem, Selasa (04/10/2022).

Acara dilaksanakan di Ruang Command Center Dinas Komunikasi dan Informatika dan dihadiri Kadis Kominfo, Tim ITSA BSSN, Tim IT Bapenda, Tim IT DPMPTSP, Bidang Aplikasi dan Layanan E-Goverment Diskominfo Kota Samarinda, Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfo Kota Samarinda, Perwakilan Inspektur Daerah Kota Samarinda dan Seksi Persandian Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo Kota Samarinda.

Kegiatan  tersebut dilaksanakan berkerjasama dengan BSSN (Badan Siber Sandi Negara). Ada 3 orang personil dari BSSN yang terlibat dalam assessment ini.

Yakni, Daniel Melando, S.ST, Sandiman Pertama pada Direktorat Operasi Keamanan Siber, Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi (Kelompok/Fungsi Operasi Identifikasi dan Proteksi). Kemudian Meilita Karenda Putri, S.Tr.Kom, analis tata Kelola Kemanan Siber pada Direktorat Operasi Keamanan Siber, Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi (Kelompok/Fungsi Operasi Identifikasi dan Proteksi). Serta Aldino Dika Pratama, S.Tr.Kom, Analis Pertahanan Siber pada Direktorat Operasi Keamanan Siber, Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi (Kelompok/Fungsi Operasi Identifikasi dan Proteksi).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda Dr. Aji Syarif Hidayatullah mengatakan bahwa Diskominfo terus melakukan pembenahan dan peningkatan pengamanan data Pemerintah Kota Samarinda. Karena itu, kegiatan ini sangat penting sebagai bagian dari usaha tersebut.

“Demi keamanan data bahkan kami berusaha secara maksimal, diantaranya dengan menggunakan tiga lapis backup,” ujar Aji Syarif Hidayatullah.

Dia menyampaikan bahwa pengamanan data merupakan bagian sangat penting di era digital saat ini.

“Kasus hacker Bjorka yang belakangan ini heboh di media, menjadi pelajaran bagi kita semua akan pentingnya memperhatikan sistem keamanan website. Apalagi website pemerintah daerah yang tentunya memuat data-data sangat penting,” jelas dia. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker