Bersinergi dan Berkolaborasi, Pemkot Hibahkan Rumah Jabatan Kajati Kaltim

SAMARINDA – Sebelumnya Pemkot memberikan dukungan kepada TNI/Polri, termasuk Polisi Militer (POM). Kali ini Pemkot menghibahkan Rumah Jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kaltim di Perumahan Villa Tamara, Jalan A Wahab Syahrani.

Peresmian Rumah Jabatan Kajati Kaltim ini dilakukan Kajati Kaltim Hari Setiyono SH MH bersama Wali Kota Samarinda Dr Andi Harun, Sabtu (17/2/2024).

“Rumah dinas baru ini hasil dari perbincangan tidak formal dengan Kak Kajati, menggantikan rumah dinas lama di jalur strategis. Bamun terpengaruh padatnya lalu lintas dan konstruksi rumah sudah tidak memadai. Hampir semua Kajati yang bertugas di Kaltim, ketika bertemu curhat pertama atas rumah itu. Walaupun di kamar terasa getaran ketika ada kendaraan dengan tonase besar,” ujar Wali Kota Andi Harun saat memberikan sambutannya.

Andi Harun mengemukakan bahwa rumah dinas yang lama berada di bawah posisi jalan raya, dan bermasalah dengan banjir di sekitar Juanda dan Simpang 4 Juanda. Diharapkan kepada Sekda Provinsi Kaltim yang dalam kesempatan itu dapat membantu mendapatkan anggaran dari APBD Provinsi untuk bersama mengatasi banjir.

“Walaupun saya tahu pekerjaannyaa belum sempurna untuk diresmikan karena masih ada belum terselesaikan, rumah dinas kami resmikan hari ini karena Kepala Kejati akan purna tugas pada 1 Maret. Jadi sebelum beliau purna tugas kami ingin beliau menempati rumah jabatan yang baru ini sampai masa baktinya selesai. Serta saya harap pembangunan ini menjadi contoh sinergi antar instansi untuk memajukan Kalimantan Timur bersama-sama,” ucapnya.

Andi Harun mengatakan sinergi bersama Forkopimda bukan pertama kali. Pernah juga dilakukan ke Polresta, Mako Brimob, Zenpur, Denpom juga Kejaksaan Negeri Samarinda.

“Sesuai arahan Bapak Presiden, kata kunci pembangunan itu adalah sinergi dan kolaborasi. Selalu pada berbagai kesempatan. Bapak Presiden menyampaikan bahwa tidak boleh terjadi ego sentral. Tanggung jawab penegakan hukum, juga tanggung jawab pemerintah daerah, demikian juga tanggung jawab di bidang pertahanan keamanan juga ada di dalamnya peran sangat penting bagi pemerintah daerah. Jika sinergi dan kolaborasi ini dapat diimplementasikan di semua level pemerintahan, semua kabupaten/kota Kalimantan Timur, maka kita yakini Kalimantan Timur akan menjadi daerah yang harmonis, aman, kondusif dan sama-sama untuk memajukan Kalimantan Timur, memajukan Indonesia,” ungkap dia.

Sementara Kajati Kaltim Hari Setiyono mengaku gembira dengan peresmian ini. “Belum sempurna saja, kami sudah sangat merasa senang,” ucapnya.

Ia menyampaikan terima kasih atas dukungan ini walaupun hanya menempati seminggu dan selanjutnya ditempati Kajati yang baru.

“Harapan baru di tahun baru dan di kepemimpinan baru, menjadi kota Samarinda khususnya, Kaltim pada umumnya menjadi lebih baik lagi seiring menjadi daerah ibukota negara,” pungkasnya.

Begitu pula Sekda Prov Kaltim Sri Wahyuni mengapresiasi pembangunan rumah jabatan ini yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Samarinda sebagai bentuk dari dukungan kepada Kejaksaan Tinggi Kaltim.

“Kita mengucapkan selamat dan sukses atas peresmian rumah jabatan Kajati Kaltim yang merupakan support dari Wali Kota Samarinda beserta jajaran,” ucap Sri Wahyuni. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker