Atasi Pencemaran, DLH Samarinda Kerja Bakti Pungut Sampah di SKM

SAMARINDA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda melaksanakan kerja bakti pungut sampah di Sungai Karang Mumus (SKM), Sabtu (18/5/2024).Titik kumpul kegiatan di Jalan Tongkol samping Jembatan 1.

Kepala DLH Kota Samarinda Endang Liansyah menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut, untuk membersihkan tumpukan sampah di SKM. Karena tumpukan sampah tersebut telah mencemari sungai.

“Kegiatan ini untuk mengatasi pencemaran lingkungan yang telah mengkhawatirkan di Sungai Karang Mumus. Kita membersihkan tumpukan sampah yang telah mencemari sungai. Apalagi sungai ini juga kadang digunakan mencuci. Kalau sungainya kotor, ya bagaimana mau dipakai untuk mencuci,” jelas dia.

Menurut dia, masyarakat memiliki peran penting menjaga kebersihan sungai. Dan harus dispilin membuang sampah pada tempatnya. Tidak mengotori atau membuang sampah di sungai. “Kalau tidak membantu membersihkan sungai, ya jangan mengotori sungai. Paling tidak, mereka bisa membuang sampah di tempat yang sudah disediakan,” kata dia.

Dia menjelaskan bahwa DLH Kota Samarinda menerapkan teknik membersihkan sampah di sungai. Misal, memasang pipa dan pelampung. “Untuk mencegah sampah saat air pasang, kita memasang pelampung. Fungsinya menahan sampah. Jadi, setiap air pasang, kita sudah memantaunya. Sampah kita larikan ke tengah, supaya kita bisa mengambilnya,” kata dia.

Dia mengimbau kesadaran masyarakat menjaga kebersihan lingkungan. Khususnya, di daerah sungai.  “Ya, harapan kita, masyarakat mendukung dan lebih sadar menjaga lingkungan,” kata dia. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker