Alhamdullilah, Pasien Positif Corona di Kaltim Sembuh Bertambah Dua Orang

SAMARINDA –   Jumlah pasien positif virus corona di Kaltim yang dinyatakan sembuh bertambah 2 orang. Sehingga, sampai 15 April 2020, jumlah pasien positif corona yang sembuh menjadi 8 orang.

Tambahan pasien positif yang sembuh itu merupakan kluster Bogor, Jawa Barat. Yakni, SMD 1 dan BPP 4.

Berdasarkan pemeriksaa  Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya disampaikan hasil negatif untuk pemeriksaan swab kedua terhadap kedua pasien tersebut.

“Hari ini, pasien kita terkonfirmasi positif dinyatakan sudah sembuh. Jadi sudah bisa pulang. Karena hasil pemeriksaan laboratorium  dua kali swab negative. Sehingga keduanya sudah bisa pulang ke rumah,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Andi M Ishak melalui aplikasi Zoom, Rabu (15/4).

Menurut dia, kedua pasien tersebut masuk ke rumah sakit sebulan lalu,  dengan keluhan demam dan batuk.  Serta hasil foto torax ditemukan pnemoni. Sehingga keduanya langsung mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah.

“Untuk SMD 1 masuk tanggal 14 Maret 2020 di Rumah Sakit AW Syahranie Samarinda. Sedangkan, BPP 4 masuk tanggal 15 Maret 2020 di Rumah Sakit Kanujoso Balikpapan. Perjalanan kesembuhan pasien ini cukup panjang dan dramatis.  Untuk pasien SMD 1 harus menjalani pemeriksaan swab hingga 5 kali.  SMD 1 awalnya positif .  Dan, sample kedua sempat negatif. Sayangnya,swab ketiga kembali positif. Kemudian secara berturut turut hasilnya negatif,” kata Andi.

Namun, kata dia, kedua pasien yang sembuh tersebut harus melakukan isolasi mandiri di rumah, agar benar-benar sembuh.

Andi juga menyampaikan perkembangan Pasien Dalam Pengawasan (PDP)  yang bertambah dan dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19 di Kalimantan Timur.   Kluster Gowa masih menjadi penyumbang meningkatnya jumlah PDP di Kaltim. Ada 15 kasus baru PDP ditemukan Tim Gugus Covid-19.

Sehingga jumlah PDP di Kaltim bertambah menjadi 291 orang. Dimana,  148 orang dinyatakan negatif, 35 orang hasil positif, dan 108 orang masih menunggu Proses.

“Yang membanggakan 8 orang dinyatakan sembuh. Pastinya ini bisa menambah motivasi bagi para tenaga medis dan pasien. Dan, untuk sementara yang meninggal 1 orang,” kata Andi.

Sementara itu, berdasarkan data,  jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP)    berjumlah 5.700 orang. Dimana, 4.261 orang selesai pemantauan. Dan,  masih proses sejumlah 1.439 orang.  (maman)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker