895 Petugas Kebersihan Kukar Pindah Kantor, Ini Alasannya

KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara telah memutuskan untuk memindahkan 895 petugas kebersihan atau pasukan merah putih untuk pindah kantor.
Hal ini dimaksudkan agar penanganan dan beban tugas yang diberikan kepada pasukan merah putih bisa lebih fokus.

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kutai Kartanegara Irawan mengatakan DLHK Kukar kini memiliki kewenangan terhadap ratusan petugas kebersihan yang berjuluk Pasukan Merah Putih.

Sebelumnya para petugas tersebut berada dinaungi oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kukar, Peralihan tersebut sudah dimulai sejak awal tahun 2024.

Saat ini ada 895 orang petugas kebersihan yang dilimpahkan kewenanganya kepada DLHK yang terdiri dari 831 orang penyapu kebersihan, pertamanan dan pemakaman. Kemudian ditambah 30 mandor dan 51 Pasukan Merah Putih di sejumlah kecamatan di Kukar.

Meski demikian lanjut Irawan, jumlah pasukan Merah Putih yang dialihkan beserta aset kendaraan pengangkut sampah yang jumlahnya cukup banyak, namun tidak semuanya layak digunakan.

Dari itu DLHK akan melakukan inventarisasi untuk melakukan pengecekan kembali kendaraan yang layak digunakan, sehingga harapanya mampu menunjang kerja para petugas DLHK yang berada dilapangan dan di kecamatan seluruh Kukar.

Dengan peralihan kewenangan ini, tentunya seluruh urusan administrasi berada di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Termasuk perihal gaji pasukan Merah Putih, yang telah direncanakan dan dialokasikan. “Salah satu poin pentingnya yang jadi prioritas (DLHK) adalah masalah gaji,” kata Irawan.

Sementara itu Irawan juga mengatakan bahwa sejumlah aset yang sebelumnya berada di Disperkim dan belum diserahkan.

“Semua masih dilakukan pendataan oleh Sekretariatan Daerah. Diantaranya aset kendaraan angkutan sampah, hingga Gedung Cipta Karya dan Tata Ruang, yang berada di samping kantor Bapenda Kukar. Kami belum tau kapan selesai, karena inventaris aset berada di Sekretariatan,” kata Irawan. (ADV/ DISKOMINFO KUKAR)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker