Wali Kota Tekankan Semangat Pejuang dan Inisiatif Bekerja Saat Rakor

4 / 100

SAMARINDA – Pemkot Samarinda menggelar rapat koordinasi (rakor) melibatkan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemkot, Camat dan Lurah se-Kota Samarinda di Ruang Rapat Utama Mangkupelas, Balaikota Samarinda, Kamis (29/2/2024).

Rapat dipimpin Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun. Dia menegaskan pentingnya semangat pejuang dalam menjalankan tugas pelayanan publik.

Dalam arahannya, Andi Harun menyoroti perbedaan antara menjadi pekerja keras dan pejuang dalam menjalankan tugasnya. Bahwa pekerja keras cenderung hanya fokus mencapai target yang telah ditetapkan. Sementara pejuang memiliki semangat melampaui target dan memberikan yang terbaik bagi daerahnya.

“Kita semua dapat menjelma menjadi pekerja keras, tapi tidak semua pekerja keras didalam dirinya terpatri sikap pejuang,” ujar Andi Harun.

Dia memberikan catatan penting kepada seluruh peserta rapat. Dia menekankan perlunya memiliki inisiatif terus melakukan perbaikan dan pembangunan. Serta menyelesaikan setiap kegiatan dengan sempurna. Bukan hanya asal melaksanakan.

“Kita harus memiliki inisiatif untuk terus melakukan perbaikan dan pembangunan, serta menyelesaikan setiap kegiatan dengan sempurna, bukan hanya asal melaksanakan. Kita mengerjakan sesuatu ini bukan karena perintah, tapi karena cinta daerah ini,” imbuhnya.

Andi Harun menekankan semua hal tersebut berkaitan erat dengan prinsip dasar dalam penyusunan Anggaran Pendapatan Daerah (APBD). Semua kegiatan harus direncanakan dengan matang dan terintegrasi dengan baik dari sekarang. “Kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan tapi juga mencerminkan kesempurnaannya,” ucap dia.

Dia juga menyoroti kegiatan yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Samarinda terkait survei data kemiskinan di wilayah tersebut. Meskipun mengapresiasi langkah yang sudah diambil Dinas Kominfo, namun masih diperlukan langkah selanjutnya dari dinas lain yang menangani persoalan kemiskinan di Kota Samarinda.

Dalam pengamatannya terhadap kegiatan survei data kemiskinan yang dilaksanakan oleh Diskominfo, Andi Harun menyatakan bahwa langkah tersebut merupakan tindakan yang baik untuk memahami secara lebih mendalam tentang kondisi kemiskinan di Kota Samarinda.

Namun, ia menyoroti bahwa upaya tersebut harus diikuti oleh langkah-langkah konkret dari berbagai instansi terkait untuk mengatasi masalah tersebut.

“Diskominfo telah membuat langkah yang baik dengan melakukan survei data kemiskinan. Namun, kita perlu langkah selanjutnya dari dinas-dinas terkait untuk menangani masalah kemiskinan ini. Setelah kita sudah mengetahui persis berapa orang miskin yang ada di Kota Samarinda. Selanjutnya apa, itu yang seharusnya dilakukan, jadi buat apa kemarin kita melakukan survei kalau setelah itu tidak ada tindak lanjutnya,” ungkap Andi Harun.

Ia menegaskan penanganan kemiskinan bukan tanggung jawab tunggal satu dinas saja, melainkan merupakan tanggung jawab bersama dari seluruh elemen pemerintah daerah dan masyarakat.

Karena itu, dia mendorong agar dinas-dinas terkait segera berkoordinasi untuk merumuskan langkah-langkah strategis yang lebih konkret dalam mengatasi persoalan kemiskinan di Kota Samarinda. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker