Samboja Dinilai Layak Jadi Ibukota Negara

SAMARINDA – Pemerintah Pusat telah menyebut Kalimantan Timur akan menjadi Ibukota Negara pengganti Jakarta. Meski daerahnya belum spesifik, namun Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara sementara ini bisa menjadi kandidat terkuat.

Kecamatan samboja tiba-tiba menjadi daerah baru yang menjadi sorotan di Indonesia. Kecamatan Samboja memiliki luasan wilayah 1.045,9 kilometer persegi, dan memiliki kawasan pesisir. Samboja  dinilai layak menjadi Ibukota Negara.

Hingga Februari 2019, jumlah penduduknya tercatat hanya 63.781 jiwa, tersebar di 4 desa dan 19 kelurahan.

Wilayah Samboja dilalui tol Balikpapan-Samarinda pertama di Kalimantan, dengan panjang 99 km. Sehingga dapat menyingkat waktu perjalanan di kedua kota, dari 3 jam menjadi 1,5 jam.

Keputusan Pemerintah Pusat mendapat sambutan beragam dari warga Kutai Kartanegara. Salah satunya Abrianto amin,  tokoh masyarakat pesisir ini mengingatkan agar warga Kutai Kartanegara atau Samboja pada khususnya tidak usah terbawa suasana berlebihan.

Mantan Direktur Walhi Kaltim ini mengatakan bahwa warga Samboja harusnya berhati hati,  jangan sampai keputusan ini justru menjadi bumerang bagi masyarakat Samboja. 

“Pemerintah Provinsi fokus menyiapkan masyarakat, agar tidak eforia dengan rencana pemindahan ibukota. Harusnya hati-hati, karena banyak kasus dari pemindahan Ibukota itu masyarakatnya justru tertinggal. Dan itu harus diantisipasi, sehingga tidak timbul kecemburuan.  Paling nyata di indonesia sendiri kan kita lihat bagaimana masyarakat betawi tersingkir karena ibukota. Jangan sampai itu juga terjadi pada masyarakat Kaltim, jika benar jadi Ibukota Negara,” ungkap dia.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Camat Samboja Nurkholis memastikan bahwa Kalimantan Timur, khususnya Samboja sangat layak jadi Ibukota Negara. Beberapa keunggulannya, antara lain soal air bersih, Samboja ada beberapa embung air di Sungai Merdeka dan Waduk Karya Jaya sebagai pemasok bahan baku air bersih. Belum lagi Waduk Teritip di Balikpapan, yang berdekatan dengan Samboja.  Lalu, pasokan listrik,  Samboja memiliki PLTG Senipah berkapasitas besar, tidak hanya melayani warga Samboja, tapi bisa melayanai Kecamatan lain.  (maman)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker