Saat Pilkada 2024, Edi Damansyah Ingatkan Bahaya Hoax

KUTAI KARTANEGARA – Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah mengingatkan bahaya hoax pada pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Karena, penyebaran berita bohong atau ujaran kebencian dapat memecah belah masyarakat.

Dampak nyata yang akan dihadapi adalah penyebaran hoaks bisa membuat masyarakat menjadi skeptis terhadap semua sumber informasi. Termasuk media, pemerintah, dan lembaga resmi.  Hal ini dapat mengacaukan kemampuan masyarakat dalam membedakan antara fakta dan fiksi.

Hal ini diungkapkan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, saat memimpin apel gelar pasukan pengembalian Bawah Kendali Operasi (BKO) anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Kabupaten Kukar dari Kepala Kepolisian Resor Kukar kepada Pemkab Kukar, Senin (3/6/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Edi Damansyah menyatakan bahwa pelaksanaan Pemilu serentak 2024 telah berjalan dengan sukses dan aman berkat kerja keras dan profesionalisme semua pihak yang terlibat, terutama jajaran Polres Kukar. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Kukar, saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada berbagai pihak, khususnya Kepolisian Resort Kukar atas dedikasi dan pengabdiannya,” kata Edi Damansyah.

Dia menambahkan bahwa keberhasilan ini mencerminkan komitmen dan profesionalisme TNI, Polri, dan elemen lainnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Meskipun Pemilu serentak untuk pemilihan presiden, wakil presiden, dan anggota legislatif telah selesai, Edi tetap mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa menjelang Pilkada serentak pada 27 November 2024. “Saya mengajak kita semua untuk menjaga kondusifitas dan stabilitas daerah, khususnya dalam pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada serentak tahun 2024,” jelas dia.

Edi Damansyah meminta agar sosialisasi tentang pelaksanaan pemilihan kepala daerah langsung terus dilakukan untuk memberikan pemahaman yang utuh kepada masyarakat terkait penyelenggaraan Pilkada yang berintegritas.

Selain itu, aparat juga perlu melakukan tindakan preventif terhadap masalah-masalah yang berpotensi menjadi tindak pidana Pemilu. “Kepada seluruh masyarakat, saya mengajak untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta bahu membahu dalam membangun Kabupaten Kukar yang lebih maju, sejahtera, dan religius,” tegasnya.

Sementara itu, pengembalian Satlinmas untuk pengamanan Pemilu 2024 bertujuan untuk pengamanan Pilkada serentak tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Halaman Kantor Bupati Kukar.

Apel yang dihadiri pasukan Kodim 0906 KKR, Polres Kukar, Satpol-PP Kukar, Damkar Matan Kukar, BPBD Kukar, Dishub Kukar, dan Satlinmas Kukar ini diawali dengan penandatanganan berita acara serah terima antara Waka Polres Kukar, Komisaris Polisi M. Aldi Harjasatya, dan Bupati Kukar Edi Damansyah. Acara tersebut juga disaksikan oleh perwakilan Kodim 0906 KKR, KPU dan Bawaslu Kukar, serta Sekda Kukar, H. Sunggono. (ADV/DISKOMINFO KUKAR)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker