Program Kukar Idaman, Anggana Prioritas Buka Kawasan Pesisir

KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara terus melakukan pembenahan di sektor infrastruktur dan ekonomi d iwilayah pesisir untuk membuka kawasan ini.

Melalui program Kukar Idaman Pemeritah Kabupaten Kutai Kartanegara memberikan perhatian khusus pada pembangunan di wilayah pesisir. Seperti Desa Sepatin, Muara Pantuan, dan Tani Baru.

Hal ini diungkapkan  Sekretaris Kecamatan Anggana Eka Isnawati kepada media senin (25/3/2024).

Eka mengatakan bahwa Pemcam Anggana bertekad untuk memastikan kebutuhan dasar masyarakat diwilayahnya dapat terpenuhi sehingga menjadi dorongan besar dalam pembangunan yang sedang berlangsung, dan memperlihatkan bahwa kesejahteraan masyarakat adalah prioritas utama.

“Harapan saya dengan semua bantuan yang telah diberikan, kami dapat membantu masyarakat di wilayah ini,” kata Eka.

“Di Desa Muara Pantuan, kami telah melakukan koordinasi bersama PLN, yang dimana listrik disana kini dapat hidup selama 24 jam, meningkat dari sebelumnya hanya 12 jam,” jelas Eka.

Namun, kata dia, sebagian desa masih dalam pembangunan. Terutama di Desa Tani Baru, yang sebagian wilayahnya masih mengandalkan mesin genset.

Sementara itu, kata dia, untuk Desa Sepatin sendiri, Pemda telah mengalokasikan anggaran senilai Rp5 miliar untuk pemasangan jaringan dan pembelian mesin genset kapasitas besar di Desa Sepatin.

Begitu juga untuk kebutuhan air bersih, Eka mengatakan, bahwa tiga desa telah dibangun penampungan air bersih, dengan sumber air diambil dari Kutai Lama.

“Alhamdulillah semuanya telah berjalan khususnya di muara Pantuan kemarin telah dilihat langsung dan diresmikan penggunaanya oleh bapak wakil bupati,” tegas Eka.

Hal ini jelas bukti bahwa Program Kukar Idaman merupakan komitmen pemerintah dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

Selama ini masyarakat diwilayah pesisir hanya berharap pada air hujan atau harus membeli air diwilayah Kutai lama diisi kedalam tandon yang kemudian dibawa menggunakan kapal ke tempat mereka.

“Alhamdulillah saat ini persoalan air bersih dan listrik sudah dapat diselesaikan, dan kedepan pemerintah terus memberikan pelayanan kepada masyarakat dikawasan pesisir,” tutup Eka. (ADV/DISKOMINFO KUKAR)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker