Infrastruktur Desa Sidomulyo Mampu Tingkatkan Hasil Pertanian

5 / 100

KUTAI KARTANEGARA – Pembangunan infrastruktur pertanian melalui program Kukar tuntas  ternyata berbanding dengan terus meningkatnya hasil pertanian di Desa Sidomulyo Anggana.

Kepala Desa Sidomulyo Anggana Agus Haryanto mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur di wilayah desa Sidomuyo saat ini mampu meningkatkan hasil pertanian.

“Ya, kondisi tersebut kini semakin menggairahkan petani untuk menekuni pertanian sebagai profesi utama yang sebelumnya sempat menyurutkan semangat dan minat para petani dengan terkendalanya infrastruktur pertanian,” kata Agus Haryanto di ruang kerjanya, Rabu (20/3/2024).

“Dulu hasil pertanian di Desa Sidomulyo ini hanya memenuhi gudang milik petani, karena kalau untuk dijual keluar daerah ongkosnya mahal harga belinya murah, sehingga petani kebanyakan  menyimpan berasnya,” jelas Agus.

Namun saat ini , kata dia, dengan masifnya program infrastruktur dibidang pertanian melalui program Kukar Idaman, hasil pertanian para petani tidak lagi menumpuk di gudang.

Hasil pertanian mengalami peningkatan, dengan adanya program irigasi diarea pertanian milik petani di Desa Sidomulyo. Saat ini Desa Sidomulyo bisa dikatakan sebagai daerah yang memiliki potensi sebagai lumbung padi.

Saat pemerintah telah membangun infrastruktur pertanian dengan membangun irigasi sepanjang 2.200 meter dengan 5 pintu air. Kemudian bantuan pupuk , obat obatan dan alat pertanian yan secara rutin diberikan pemerintah juga sangat membantu para petani.

“Yang paling istimewa adalah pembangunan jalan usaha tani yang sangat sangat membantu para petani, sekarang petani dan pembeli bisa langsung transaksi di sawah,” kata Agus.

“Jadi kalau dulu numpuk digudang, sekarang sudah tidak lagi  hasil panen langsung sudah ada pembelinya dan hasilnya bisa dirasakan oleh para petani,” jelas Agus.

Melalui Program Kukar Idaman, kata dia, Pemdes Sidomulyo juga akan melanjutkan berbagai program pembangunan pertanian yang berkelanjutan, tidak hanya membangun fisiknya melainkan sumber daya manusia petaninya.

“Kita terus mendorong agar petani di Desa Sidomulyo ini tetap semangat dalam menggeluti sektor pertanian. Salah satunya dengan memberikan pendampingan melalui tenaga penyuluh pertanian melalui unit pelayanan teknis Dinas Pertanian dan peternakan yang didatangkan oleh pemerintah Kecamatan Anggana,” katanya. (ADV/DISKOMINFO KUKAR)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker