DPRD Samarinda Libat KPU Bahas Perbaikan Dokumen Bacaleg

SAMARINDA – Pimpinan DPRD Kota Samarinda dan Komisi I DPRD Kota Samarinda menggelar rapat koordinasi perbaikan dokumen persyaratan bakal calon legislatif (Bacaleg) Pemilu 2024 di Ruang Ketua DPRD Kota Samarinda, Selasa (4/7/2023).

Ketua Komisi I DPRD Kota Samarinda, Joha Fajal menjelaskan bahwa pertemuan tersebut membahas tahapan pemilihan terkait caleg. Dan penutupan masa perbaikan berkas bacaleg pada Minggu (09/07/2023). Seluruh parpol wajib menyerahkan berkas yang sudah diperbaiki ke KPU Kota Samarinda sebelum masa penutupan berakhir.

“Di tahapan itu tanggal 9 Juli sudah harus selesai. Nah sehingga yang ingin beliau dapat adalah data-data yang ada di DPRD terkait pegawai yang menggunakan APBD, baik pegawai, DPTH, DPTB, maupun staff ahli,” imbuhnya

Pasalnya dalam surat edaran KPU 748 perihal pengunduran diri disebutkan bahwa kepala daerah, ASN, komisaris, dewan pengawas dan karyawan pada BUMN/BUMD, atau badan lain yang anggarannya bersumber dari keuangan negara, wajib mengundurkan diri dan tidak dapat ditarik kembali.

Joha mengungkapkan terkait permintaan KPU tersebut, pihaknya mewajibkan untuk bersurat terlebih dahulu kepada Pimpinan DPRD Kota Samarinda upaya permintaannya bisa ditindak lanjuti melalui Sekretariat DPRD.

“Paling tidak 9 Juli ada bukti, makanya tadi kita minta pada KPU agar bersurat ke DPRD melalui Ketua, sehingga kita bisa menindaklanjuti melalui sekretariat,” imbuhnya

Di samping itu Ketua KPU Kota Samarinda, Firman Hidayat menyampaikan sejauh ini KPU Kota Samarinda belum menerima satupun parpol yang menyerahkan berkas perbaikan bakal calon legislatif.

Ia menegaskan agar setiap parpol segera melakukan perbaikan supaya KPU Samarinda bergerak cepat dan bisa meminta kepada yang bersangkutan agar memenuhi persyaratan dengan membuat surat pernyataan pengunduran diri sebagai tenaga ahli atau pakar di DPRD

“Berkaitan dengan persyaratan bakal calon legislator nah dalam surat edaran itu kami belum menerima berkas perbaikan bacaleg dari seluruh parpol. Jadi kami berinisiatif meminta ketua DPRD Samarinda dan kami meminta nama-nama tersebut sekiranya itu dapat kita tindak lanjuti,” tandasnya. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker