DPRD Sahkan APBD Perubahan Samarinda 2023

SAMARINDA – DPRD Kota Samarinda menggelar Rapat Paripurna Masa Persidangan III Tahun 2023 membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Samarinda Tahun Anggaran 2023.

Rapat Paripurna digelar di Ruangan Rapat Utama Lantai II DPRD Kota Samarinda, Jumat (1/9/2023). Rapat dipimpin Ketua DPRD Kota Samarinda Sugiono dan Wali Kota Andi Harun.

Rapat ini ditandai dengan penandatanganan bersama kesepakatan pengesahan Raperda Perubahan APBD Kota Samarinda Tahun 2023 menjadi Perda. Tercatat Perubahan APBD Kota Samarinda Tahun 2023 senilai Rp4,7 triliun.

Wali Kota Samarinda Andi Harun, menjelaskan bahwa melalui Raperda Perubahan APBD Kota Samarinda Tahun 2023, akan ada tiga program utama. Taitu pembangunan infrastruktur dan pengendalian banjir, penataan kota mencakup aspek kebersihan, trotoar, taman, dan perekonomian daerah.

“Jadi, melalui Raperda APBD Perubahan Samarinda, akan di fokuskan pada tiga sektor besar ini,” ungkapnya.

Andi Harun menegaskan bahwa dalam APBD Perubahan batas waktu pengerjaan proyek-proyek ini akan disesuaikan dengan ketentuan teknisnya dan proyek-proyek infrastruktur yang dibiayai telah dihitung sedemikian rupa. Sehingga diharapkan dapat selesai paling lambat pertengahan Desember 2023.

Karena itu Perubahan APBD 2023 tidak mengalokasikan kegiatan yang diperkirakan tidak bisa diselesaikan dalam waktu 3 bulan.

“Jadi kita tidak mengalokasikan kegiatan yang diperkirakan tidak bisa selesai dalam 3 bulan,” ujarnya.

Andi Harun mengungkapkan saat ini pihaknya telah menyusun Detail Engineering Design (DED) yang direncanakan akan digunakan pada tahun 2024 yang mana akan lebih difokuskan pada penyusunan DED yang telah dipersiapkan dalam APBD Perubahan.

“Kegiatan infrastruktur yang direncanakan untuk tahun 2024 penyusunan DED-nya lebih diprioritaskan pada APBD perubahan,” pungkasnya.

Dia berharap, Pemerintah dan DPRD Kota Samarinda harus bisa lebih meningkatkan kualitas infrastruktur, memperbaiki penataan kota, serta mendukung pertumbuhan ekonomi daerah demi kesejahteraan warga Samarinda. (ADV)

Show More

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker